Livestreaming Kampanye Debat Paslon Bupati-Wabup Sepi Penonton, PR KPU Bangka Tengah! 

oleh

“Ya mending duitnya, buat jajan anak, atau beli sekilo beras dan mie instan untuk mengganjal perut, ini sangat logis,” tegasnya.

Kendati demikian, Ketua KB-FKPPI Bateng itu sangat mengapresiasi ide pemikiran disampaikan Ketua Bawaslu Bateng, Marhendra Yuliansah, dalam menyiasati dan meningkatkan partisipasi masyarakat menyaksikan siaran langsung atau livestreaming kampanye debat Paslon Bupati-Wabup Bateng itu yaitu dengan KPU Bateng memfasilitasi masyarakat di desa-desa atau kecamatan untuk nonton bareng alias nobar, dengan gandeng pihak Pemdes dan PPS dan PPK, hingga pihak keamanan karena nobar itu melibatkan pendukung masing-masing Paslon.

“Ide pemikiran Ketua Bawaslu Bateng itu patut diapresiasi dan diacungi jempol, karena saya menilai itu lebih efektif, lebih menyentuh langsung masyarakat pemilih, selain itu bukankah anggaran pengamanan Pilkada pun ada, jadi tinggal kawal nobar di desa-desa atau kecamatan, itu baru dinamakan dengan kerja cerdas untuk pemilih cerdas,” tegasnya.

Menurut Andrian, jika nobar siaran langsung itu bisa terlaksana serentak dan sukses, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi KPU Bateng demgan harapan dapat meningkatnya partisipasi pemilih setelah melihat langsung kualitas calon pemimpin yang akan dipilih melalui nobar itu.

Selain itu pula, nobar di desa atau kecamatan, setidaknya dapat sedikit menggeliatkan roda perekonomian masyarakat UKM-UKM.

“Ini jadi PR bagi KPU Bateng pada gelaran kampanye debat selanjutnya, pertanyaannya mampukah SDM di KPU Bateng itu merealisasikannya, atau kembali lagi ke seremonial seperti biasa, mari kita tunggu dan lihat seperti apa terobosan cerdas berikutnya,” tandas Andrian. (Dre)