BI Sumsel Tunjukkan Komitmen Dalam Pengembangan UMKM Hijau & Berkelanjutan

oleh

KRSumsel.com, Palembang – Dalam rangka pengembangan UMKM dan pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan (Sumsel), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (BI Sumsel) kembali menyelenggarakan kegiatan Semarak UMKM (SERU) Sriwijaya Tahun 2024 di Atrium Palembang Indah Mall pada hari Jum’at s.d Minggu, tanggal 25-27 Oktober 2024.

Hal yang menarik dari SERU Sriwijaya tahun ini adalah penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan baik pada produk UMKM yang dipamerkan maupun bahan baku untuk panggung utama acara.

Hal ini menunjukkan komitmen dan dukungan penuh BI Sumsel terhadap pengembangan UMKM hijau dan berkelanjutan.

Kegiatan SERU Sriwijaya Tahun 2024 mengangkat tema “Sinergi Mendorong Perkembangan UMKM Sumatera Selatan untuk Pertumbuhan Ekonomi Hijau dan Berkelanjutan”.

Selain menghadirkan pameran produk UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia pada kegiatan ini terdapat workshop kriya, showcasing produk UMKM eco-friendly turunan serat daun nanas, talkshow terkait penguatan produk unggulan daerah, talkshow pengembangan kopi Sumsel, hingga fashion show wastra lokal Sumatera Selatan.

Para pengunjung juga dapat turut serta meramaikan kegiatan ini dengan mengikuti berbagai kompetisi, seperti kompetisi barista, kompetisi e-sport, kompetisi mini vlog, kompetisi foto, dan kompetisi reels Instagram. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan SERU Sriwijaya Tahun 2024 dapat diakses melalui laman Instagram Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan @bank_indonesia_sumsel.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Ricky P. Gozali dalam sambutannya pada rangkaian Opening Ceremony SERU Sriwijaya 2024, menyebut komitmen BI Sumsel dalam pengembangan UMKM hijau dan berkelanjutan ini sejalan dengan penerapan Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kami percaya, dengan mengembangkan dan terus berinovasi dalam praktik bisnis yang ramah lingkungan, produk-produk UMKM yang dihasilkan akan dapat meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global”, jelas Ricky.

Baca juga: Penetapan AKD DPRD OKI diwarnai Mosi Tidak Percaya

Tak hanya itu, Ricky juga menyoroti fashion show dengan tema batik Sumatera Selatan yang diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan ekonomi baru bagi Sumatera Selatan.

Lebih lanjut, Ricky menyampaikan harapannya bahwa kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dapat menjadi motivasi dan melahirkan komitmen bersama untuk semakin memajukan UMKM serta dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Sumsel.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Elen Setiadi, mengapresiasi inisiatif, komitmen dan peran nyata Bank Indonesia yang secara konsisten terus melakukan upaya pengembangan UMKM di wilayah Sumsel.