Kejurnas Angkat Besi Junior 2024 Selesai, Jabar Juara Umum

oleh

Surabaya, KRSUMSEL.COM – Kejuaraan Nasional Angkat Besi Junior 2024 selesai. Jawa Barat tampil sebagai juara umum dengan torehan 12 emas.
Selama tiga hari perhelatan turnamen di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya, 22-24 Oktober, Jabar mengoleksi 12 emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Turnamen ini dikhususkan untuk lifter U-18 sampai U-20.

Jabar unggul jauh atas tuan rumah Jawa Timur yang punya 6 emas, 4 perak, dan 8 perunggu. Di posisi ketiga ada Jambi dengan 6 emas dan 3 perunggu.

Pelatih angkat besi Jabar Sodikin puas dengan pencapaian atlet-atletnya. Apalagi 12 emas itu sesuai dengan target mereka.

“Memang sudah kami perhitungkan, sudah kami seleksi by data atlet yang kira-kira meraih prestasi nasional, kalau juara umum kami cukup yakin,” kata Sodikin. “Dan jumlah emas itu juga sangat tepat sesuai perkiraan kami,” tutur Sodikin dalam rilis kepada detikSport.

Ada empat atlet yang menyumbangkan total 12 emas untuk Jabar. Yakni Tita Nurcahya di kelas 45 kg putri, lalu Davin Athallah di kelas 73 kg putra, kemudian Raihan Adestya di kelas 81 kg putra dan terakhir Joko Suprianto yang tampil di kelas +81 kg putra.

Masing-masing atlet tersebut meraih tiga emas setelah unggul di catatan snatch, clean and jerk serta total angkatan.

Sementara itu, enam emas Jatim disumbang oleh dua atlet, yakni Luluk Diana Tri Wijayana di kelas 49 kg putri dan Lavena Putri Angelita kelas 59 kg putri.

Lalu, enam emas Jambi juga diperoleh dari dua orang atlet, yaitu Muhammad Ibnul Rizqi mendapat tiga emas di kelas 61 kg putra dan Yolanda Dwi Ambarwati juga meraih hasil yang sama di kelas +64 kg putri.

Adapun dua lifter berhasil mendapat penghargaan individu Kejurnas Angkat Besi Junior 2024. Luluk Diana terpilih sebagai lifter terbaik putri sedangkan atlet Lampung Muhammad Husni memperoleh penghargaan lifter terbaik putra.

Baik Luluk maupun Husni sama-sama meraih emas dengan keunggulan total angkatan cukup jauh. Luluk mencatatkan total angkatan 186 kg, mengungguli atlet Kalimantan Barat Dhea Anisa Nabila dengan angkatan total 142 kg.

Sedangkan Husni yang tampil di kelas 55 kg putra berhasil mencatatkan angkatan total 261 kg. Dia unggul hingga 62 kg dari atlet Kalimantan Timur Natanael Febrian Gurning yang berada di urutan kedua.

SUMBER