BI dan Pemprov Sumsel Lakukan Panen Cabai dan Berikan Apresiasi kepada Sekolah

oleh

KRSumsel.com, Palembang – Bank Indonesia Sumatera Selatan (BI Sumsel) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengadakan kegiatan Panen Cabai dan Awarding Ceremony Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) Goes to School di SMKN 1 Gelumbang, Muara Enim.

Acara ini turut dihadiri oleh Pj. Gubernur Sumatera Selatan Elen Setiadi, S.H., M.S.E., Kepala Perwakilan BI Sumsel Ricky P. Gozali, Sekretaris Daerah Kab. Muara Enim Ir. Yulius. M.Si, dan Forkopimda Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk apresiasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Selatan kepada sekolah, guru koordinator P5, siswa, serta penyuluh yang telah berkontribusi secara aktif dalam menyukseskan program GSMP GTS Awards 2024.

Ricky P. Gozali, dalam sambutannya, menekankan pentingnya pengendalian inflasi pada kelompok volatile food, terutama komoditas cabai yang sering kali memberikan dampak signifikan terhadap tingkat inflasi di wilayah Sumatera Selatan.

“Inflasi pada komoditas pangan, khususnya cabai, merupakan salah satu kelompok yang paling bergejolak. Melalui program GSMP Goes to School ini, kami berharap terjadi perubahan pola pikir di masyarakat, dimulai sejak dini dari siswa dan guru-guru, dari yang semula hanya sebagai konsumen menjadi produsen yang mampu memenuhi kebutuhan pokok secara mandiri,” ujar Ricky.

Baca juga: Lima Terdakwa Kasus Pabrik Ekstasi yang Diungkap Bareskrim Diadili di PN Medan 

Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Elen Setiadi turut menyampaikan tingginya permintaan cabai yang melebihi pasokan di Palembang menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan komoditas tersebut rentan mengalami inflasi.

Beliau juga mengingatkan pentingnya kewaspadaan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025, di mana data historis menunjukkan adanya lonjakan permintaan cabai selama periode tersebut.

Lebih lanjut, Elen Setiadi juga mengucapkan terima kasih atas dukungannya kepada Bank Indonesia atas penyelenggaraan kegiatan ini.

BI dan TPID Sumsel berperan aktif dalam GSMP melalui berbagai bentuk bantuan dan fasilitasi. Salah satunya adalah bantuan 5.000 bibit cabai beserta sarana dan prasarana penunjang budidaya kepada SMKN 1 Gelumbang, yang menjadi pilot project dalam GSMP Goes to School.

Budidaya yang dilakukan sejak bulan Juni 2024, kini telah menghasilkan cabai hingga mencapai 1 (satu) ton dalam kondisi yang baik. Pilot project ini diharapkan dapat menjadi proyek percontohan bagi sekolah lainnya.

Selain itu, BI dan TPID Sumsel juga turut memberikan bantuan 1.300 bibit cabai kepada SMA/SMK di Palembang serta 44.450 benih cabai dan 28.770 polybag kepada 127 SMA/SMK di luar Palembang, yang selanjutnya dipantau dalam kompetisi GSMP Goes to School Awards.