Perjuangan Ishak Mekki Berhasil, 38 Ribu Warga Air Sugihan OKI Bakal Nikmati Air Bersih

oleh

“Berpuluh tahun sejak trans Air Sugihan ini di buka, listrik dan air bersih hanya mimpi bagi kami,” Ungkap dia. “Namun sejak 2014 listrik telah hadir dan  air bersih akan segera mengalir ke rumah-rumah warga Air Sugihan,” tambahnya.

Selain berterimakasih, warga Air Sugihan menurut Fadli berharap realisasi pembangunan sarana air bersih ini dinanti-nanti warga.

Diinisiasi Iskandar, Didorong Ishak Mekki

Sebelumnya pembangunan Sarana Air Bersih bagi masyarakat Air Sugihan ini diusulkan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), periode 2019-2024 H. Iskandar, SE jelang akhir jabatannya. Bahkan usulan tersebut telah dilengkapi dengan DED ke Kementrian PUPR.

Pembangunan Sarana Pengelolaan Air Minum (SPAM) itu didukung oleh PT OKI Pulp and Paper dan PT SAML.

“Karena air sumber kehidupan, baik untuk kesehatan, sanitasi, mengatasi miskin dan  stunting,” ujar , Iskandar pada saat pencanangan pembangunan Booster Sarana Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Desa Bukit Batu Kecamatan Air Sugihan OKI, September 2023 lalu.

Pembangunan Sarana Air Bersih ini disampaikan kembali oleh anggota Komisi V DPR RI, Ishak Mekki pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementrian PUPR beberapa waktu lalu.

“Ada puluhan ribu warga kami di satu kecamatan, Air Sugihan belum menikmati Air Bersih, Agar dibantu oleh Pak Menteri realisasinya di tahun 2025 mendatang,” Ujar Ishak Mekki dilansir dari TV Parlemen.

Atas inisiasi dan atensi tersebut Kementrian PUPR melalu BPPWS Sumsel menurunkan tim ke lapangan.

“Betul survey ini tindak lanjut dari rapat dengar pendapat bersama DPR, Ada usulan dari komisi V Bapak Ishak Mekki, terkait kesulitan warga disini untuk mendapatkan air bersih,” Ungkap Irwan Saputra dari BPPWS Sumsel. (Ata)