Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi 1-1

oleh

Bali, krsumsel.com – Timnas Indonesia menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C. Duel Arab Saudi vs Indonesia berlangsung di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.
Dilansir dari detikSport, tim tuan rumah berusaha mengambil inisiatif menyerang pada menit-menit awal. Meski begitu, Tim Garuda mencoba meladeni permainan terbuka Arab Saudi.

Usaha Indonesia akhirnya berbuah gol pada menit ke-19. Witan Sulaeman yang lolos dari jebakan offside di sisi kanan melepas umpan tarik yang bisa dikontrol Ragnar Oratmangoen. Tembakan Ragnar membentur Sandy Walsh hingga mengecoh Mohammed Al Owais.

Indonesia terus mencoba menebar ancaman setelah unggul satu gol. Pada menit ke-28, Ragnar kembali mendapat peluang ciamik. Kali ini, ia bisa menanduk umpan dari Walsh di sisi kanan. Namun, sundulannya belum berbuah hasil karena masih melambung.

Tim tuan rumah mencoba merespons lewat Mohammed Kanno. Hanya saja, tembakan Kanno belum cukup untuk mengancam gawang Maarten Paes.

Kombinasi Rafael Struick dan Witan dari sisi kanan merepotkan lini belakang Arab Saudi. Sambaran bola Witan bisa diamankan Al Owais.

Menjelang turun minum babak pertama, Arab Saudi menggencarkan serangan. Anak asuhan Roberto Mancini itu menyamakan kedudukan. Tembakan Musab Aljuwayr yang membentu Calvin Verdonk berhasil mengecoh Paes. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Arab Saudi memegang kendali penuh laga dan memaksa Indonesia lebih banyak bertahan. Salem Al Dawsari berusaha mengancam lewat percobaan dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya melambung jauh.

Pada menit ke-79, Paes membuat kesalahan saat mendapat pressing dari Feras Al-Buraikan. Ia menendang kaki Feras sehingga Arab Saudi mendapat hadiah penalti.

Namun, Paes berhasil menebus kesalahannya. Ia bisa menepis tendangan penalti yang dieksekusi oleh Al Dawsari ke arah kiri gawang. Skor imbang 1-1 bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Hasil ini membuat pasukan Shin Tae-yong berada di peringkat keempat Grup C dengan satu angka. Poin Tim Merah Putih sama dengan Arab Saudi yang berada di posisi ketiga. Namun, pasukan Roberto Mancini punya kartu kuning lebih sedikit dari Indonesia.

Indonesia tertinggal dua angka dari Bahrain dan Jepang di urutan kedua dan pertama. Kedua tim tersebut sama-sama meraih angka di pertandingan pertama Grup C.

Bahrain secara mengejutkan menang 1-0 di kandang Australia. Gol kemenangan mereka lahir dari bunuh diri Harry Soutar di menit akhir.