Belum Ada Paslon Mendaftar pada Masa Perpanjangan Pilkada Dharmasraya

oleh

Dharmasraya, KRSUMSEL.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan belum ada bakal pasangan calon (Paslon) yang mendaftar pada hari pertama masa perpanjangan pendaftaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dibuka mulai 2-4 September 2024.

“Belum ada bakal paslon yang mendaftar hari ini,”kata Ketua KPU Dharmasraya France Putra dalam jumpa pers di di Pulau Punjung, Selasa (2/9) petang.

France yang didampingi komisioner KPU Dharmasraya Hanna Citra Utami, Jhon Indra, Wilry Iswandi, Henny Wardani dan Sekretaris KPU Amrullah mengatakan, dalam masa perpanjangan pendaftaran pilkada pada hari pertama, Senin (2/9) KPU setempat membuka pendaftaran bakal pasangan calon mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Selanjutnya kata dia, pihaknya kembali membuka pendaftaran pada Rabu (3/9) mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Untuk hari terakhir, yakni pada Kamis (4/9) pendaftaran dimulai pukul 08.00 WIB sampai 23.59 WIB.

Dia juga mengatakan, KPU Dharmasraya belum menerima pemberitahuan atau konfirmasi dari partai politik atau gabungan partai politik yang akan mendaftarkan pasangan calon pada hari kedua pada masa perpanjangan ini.

Baca juga: Tim SAR Temukan Pria yang Hilang di Hutan Konut dalam Keadaan Selamat

“Belum ada konfirmasi, ataupun sekedar konsultasi terkait ini, namun yang jelas kita membuka pendaftaran sesuai yang telah kita umumkan,”katanya. Sebelumnya kata dia, KPU Dharmasraya melakukan sosialisasi atau pengumuman masa perpanjangan pendaftaran sejak 30-1 September. Sementara pendaftaran dimulai 2 – 4 September 2024.

“Kita sudah sosialisasikan kepada Forkompinda, Bawaslu, pimpinan partai politik hingga liaison officer pasangan yang sudah mendaftar, terkait perpanjangan pendaftaran Paslon ini,”kata dia.

Ia menambahkan, tahapan pendaftaran pada hari pertama di masa perpanjangan dinilai tidak ada kendala. KPU Dharmasraya bertekad melaksanakan tahapan pendaftaran pasangan calon untuk pemilihan serentak 2024 sesuai ketentuan dan waktu yang ditentukan.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Dharmasraya sejak membuka masa pendaftaran bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya mulai 27 – 29 Agustus 2024 menerima satu bakal pasangan calon yang mendaftar, yakni pasangan Annisa Suci Ramadhani dan Leli Arni, yang diusung Partai Gerindra, Partai Hanura, PKS, PAN, PKB, Partai Golkar, PPP, PDIP, dan Partai Demokrat.(net)