Cuaca Ekstrem Landa Kepulauan Natuna, 3 Rumah Rusak 

oleh

Natuna, KRSUMSEL.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna Kepulauan Riau mengatakan, sejumlah atap rumah di Kecamatan Bunguran Timur rusak akibat cuaca ekstrem yang melanda wilayah setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Natuna Raja Darmika mengatakan, hingga saat ini atap rumah yang terdata mengalami kerusakan sebanyak tiga unit. “Waktu kejadian pada Sabtu (31/8) sekitar pukul 16.55 WIB,”ucap dia, Minggu (1/9).

Selain itu, cuaca ekstrem berupa angin kencang yang disertai hujan tersebut juga merusak atap warung, tenda dan menumbangkan pohon. Meski demikian tidak ada korban jiwa dan kerugian atas peristiwa tersebut belum diketahui.

Ia menerangkan, jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah sebab pihaknya tengah melakukan pendataan dan menunggu laporan dari warga. “Diperkirakan masih akan bertambah sesuai laporan yang masuk,”ujar dia.

Baca juga: Anak Petani Jagung Asal Lombok jadi Dokter di UM Surabaya

Ia menyebut, pihaknya bersama unsur gabungan telah melakukan pembersihan di lokasi kejadian pada Sabtu malam, dan dilanjutkan pada hari ini. Ia berharap peristiwa demikian tidak terjadi kembali. “Saat ini pembersihan masih dilakukan, sesuai dengan laporan yang masuk meminta bantuan,”ucap dia.

Ia menambahkan, pihaknya bersama instansi terkait menyiagakan personel guna mengantisipasi adanya angin kencang susulan. “Unsur yang terlibat yakni BPBD, Basarnas, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan masyarakat,”ujar dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dalam melakukan aktivitas terlebih kepada yang tinggal di wilayah rawan bencana. “Diharapkan masyarakat selalu waspada dengan kondisi cuaca ekstrem, selalu update dengan perkiraan cuaca BMKG terutama nelayan yang melaut, pastikan upaya antisipasi dan mengetahui perkiraan cuaca,”kata dia.(net)