KPU OKI Gelar Jalan Sehat Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

oleh

KRSUMSEL.COM, OKI – Dengan menggelar Jalan Sehat bagi warga Kayuagung dan sekitarnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sukses menyosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan serentak pada November mendatang.

Ketua KPU OKI, M Irsan mengatakan, Jalan Sehat merupakan salah satu contoh bentuk sosialisasi yang dilakukan pihak KPU OKI. Dengan menggelar Jalan Sehat, Irsan mengaku KPU OKI mampu menyampaikan pesan penting terkait Pilkada mendatang semangat olahraga dan jiwa yang sehat.

“Masih banyak sosialisasi yang akan dilakukan KPU OKI sesuai dengan tahapan-tahapan Pilkada,” ucap Irsan saat diwawancarai usai melakukan Jalan Sehat, Jumat (16/8).

Menurut Irsan, dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, warga OKI bisa tahu dan mendengar bahwa sebentar lagi Kabupaten OKI akan mengadakan Pilkada.

Pada sambutan di acara Jalan Sehat, Irsan mengungkapkan bahwa saat ini KPU OKI telah melakukan sosialisasi tahapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Menurut sifatnya, jumlah DPS sementara akan selalu bergerak, untuk itu pihaknya akan menyosialisasikan kepada warga yang belum terdaftar sebagai pemilih.

“Nanti akan ada jedah pada tahapan berikutnya, di mana Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan DPS Hasil Perubahan (DPS HP) terus berubah hingga menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ungkapnya.

Baca juga: PJ Gubernur Sumsel Lepas Kontingen Porwanas ke Kalsel, PWI OI Kirim 4 Atlet 

Di kesempatan yang sama, Sekda OKI M Refly mengatakan, Pemkab OKI sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan KPU OKI.

Refly mengungkapkan, kegiatan Jalan Sehat yang digelar KPU OKI merupakan bentuk kolaborasi antara dua lembaga, yakni KPU dan Pemkab OKI.

Menurutnya, sebagai lembaga penyelenggara Pemilu dan Pilkada, KPU OKI sangat cerdas dalam memilih waktu sosialisasi.

“KPU OKI menggabungkan dua momen, yakni momen kemerdekaan RI ke-79 dan momen menjelang Pilkada. Kita harus melakukan langkah strategis atas tahapan yang sudah dilakukan KPU OKI,” kata Refly.

Bahkan Refly mengutarakan, KPU OKI telah melakukan sinergitas yang luar biasa dengan Pemkab OKI dalam melakukan sosialisasi tahapan-tahapan Pilkada.

Untuk itu, Pemkab OKI dan seluruh Forkompimda berharap agar masyarakat OKI peka akan demokrasi dan kondisi menjelang Pilkada tetap kondusif.

Refly menambahkan, masyarakat OKI memahami akan pentingnya menggunakan hak pilih dalam membangun OKI lebih baik di masa yang akan datang.

“Harapan kita, masyarakat OKI menggunakan hak pilihnya dan menjadikan Pilkada sebagai momentum menatap masa depan yang lebih baik,” tandasnya.(Elisa)