BI dan Mark Plus Institute Berkolaborasi, Perkuat Industri dan Pemasaran di Sumatera Selatan

oleh

KRSumsel.com, Palembang – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan MarkPlus Institute Indonesia sukses menyelenggarakan acara Temu Responden x Indonesia Marketing Festival (IMF) 2024 pada Kamis, 8 Agustus 2024 lalu, yang berlangsung di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang. Dalam acara tahunan ini, sekaligus pemberian apresiasi kepada responden survei Bank Indonesia dan workshop tematik. Sebagai bentuk apresiasi Bank Indonesia kepada responden atas kontribusinya memberikan input dalam perumusan rekomendasi kebijakan, baik kepada pemerintah pusat maupun daerah yang juga menghadirkan workshop bertema “Pilot Marketing: Flying in Turbulence,” menampilkan narasumber ahli, antara lain dari Bank Indonesia, BUMN, BPD, dan dunia usaha.

Tema ini menggarisbawahi tantangan yang dihadapi dunia usaha, khususnya dalam pemasaran di era digitalisasi yang semakin kompleks. Sama seperti seorang pilot yang harus menjaga kendali pesawat di tengah turbulensi yang berisiko terjadi, para pemangku kepentingan diharapkan memiliki strategi responsif untuk memastikan bisnis tetap kompetitif di tengah persaingan yang semakin ketat.

Baca juga: Cassandra Lee Soal Menikah Setelah Setahun Pacaran dengan Ryuken Lie

Hal ini disampaikan Ricky P. Gozali selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, mengatakan “Apresiasi kepada seluruh stakeholders, termasuk responden survei dan instansi pemerintah, atas kontribusi aktif mereka dalam menyediakan data dan informasi yang sangat berharga.” ujarnya.

Ricky menegaskan bahwa data yang diperoleh melalui survei dan liaison menjadi dasar bagi Bank Indonesia dalam melakukan asesmen ekonomi, yang kemudian digunakan untuk merumuskan kebijakan ekonomi yang lebih tepat sasaran di masa mendatang. Sebagai bentuk apresiasi, Bank Indonesia juga memberikan penghargaan kepada para penyedia data terbaik dalam lima kategori:

Penyedia Data Rutin dan Adhoc Terbaik: BPS Sumatera Selatan.

Penyedia Data Liaison Terbaik: BCA KW VI Palembang.

Penyedia Data Survei Kegiatan Dunia Usaha Terbaik: CV Pempek Beringin.

Penyedia Data Properti Komersial Terbaik: Thamrin Group.

Penyedia Data Penjualan Eceran Terbaik: CV Boga Utama.

Acara Temu Responden x Indonesia Marketing Festival (IMF) 2024 ini ditutup langsung oleh founder Markplus, Inc., Hermawan Kertajaya. Dalam kesempatan ini pula, Bank Indonesia turut memaparkan data dan analisis ekonomi yang telah diolah dan dapat diakses oleh masyarakat melalui publikasi resmi, seperti Statistik Ekonomi dan Keuangan Daerah (SEKDA) dan Laporan Perekonomian Provinsi (LPP) Sumatera Selatan. Kedua publikasi ini memuat informasi mendalam tentang perkembangan ekonomi di Sumatera Selatan. Masyarakat dipersilahkan mengunduh kedua publikasi tersebut dari website resmi Bank Indonesia (www.bi.go.id). (edi)