Ishak Mekki-Iskandar S.E Bersatu, Siap Dukung Muchendi-Supri di Pilkada OKI

KRSUMSEL.COM, OKI – Gelombang politik mulai terasa menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar serentak pada 27 November 2024 mendatang, tak terkecuali di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Riak-riak koalisi maupun oposisi perlahan mulai terasa di kalangan masyarakat. Seperti halnya dua kekuatan besar politik bersatu dalam kontestasi politik mendatang.

Salah satunya kekuatan yang timbul dari koalisi Ishak Mekki dan Iskandar S.E. Dua mantan Bupati OKI dua periode tersebut ternyata sama-sama akan mendukung H Muchendi Mahzareki S.E, M.Si dengan Supriyanto S.H sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati OKI periode 2024-2029.

Kebenaran tersebut muncul usai Partai Amanat Nasional (PAN) resmi memberikan rekomendasi, dukungan serta mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Muchendi-Supriyanto di Pilkada OKI.

Rekomendasi dari PAN berbentuk B.1 KWK sudah diserahkan PAN kepada pasangan dengan slogan, OKI Maju Bersama yang diterima langsung H Muchendi di Jakarta, Jumat (2/8) kemarin.

“Ya, Alhamdulillah PAN sudah memberikan rekomendasi B.1 KWK pada kita,” kata Muchendi, Sabtu (3/8).

Semula, sejumlah pengamat politik menilai akan ada ‘pertempuran’ antara PAN dan Partai Demokrat, karena keduanya, baik Iskandar maupun Ishak Mekki merupakan petinggi di masing-masing parpol tersebut.

Terlebih lagi, publik mengira keduanya akan menurunkan putra yang sama-sama terjun di politik sekarang ini.

Ishak Mekki dengan putra sulungnya H Muchendi, sementara Iskandar S.E dengan putra pertamanya M Alki Ardiansyah.

“Suatu kehormatan tentunya didukung dua mantan Bupati OKI, ini menambah semangat kita semua untuk memperjuangkan OKI Maju,” ucap Muchendi.

Selain PAN, Muchendi mengatakan bahwa ia dan pasangannya juga sudah mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Di DPRD OKI 2024-2029, Partai Demokrat meraih 6 kursi, sementara PKS meraih 2 kursi dan PAN 6 kursi.

Dengan mengantoni 14 kursi, bakal pasangan calon Muchendi-Supri sudah bisa mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKI.

Meski terbilang berusia muda, Muchendi memiliki pengamalan yang cukup di dunia politik Sumsel. Muchendi sudah dua kali terpilih menjadi anggota DPRD Sumsel dari Dapil Kabupaten OKI dan Ogan Ilir. Bahkan pada periode terakhir, 2019-2024 ia dipercaya untuk menjadi Wakil Ketua DPRD Sumsel.

Muchendi juga pernah memimpin berbagai organisasi, mulai jadi Ketua KONI OKI, Ketua KNPI Palembang dan juga Wakil Manajer Sriwijaya FC.

Tak heran jika Muchendi yang terkenal humble ini masuk dalam urutan teratas di hasil survey calon Bupati OKI beberapa waktu lalu.