DPRD Gorontalo Utara Dukung Peningkatan Pengiriman Sapi Antar Pulau

oleh

Gorontalo, KRSumsel.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo mendukung peningkatan aktivitas pengiriman sapi antarpulau dari daerah itu.

“Kami sangat mendukung langkah pemerintah daerah yang terus meningkatkan upaya pengiriman ternak sapi ke berbagai daerah di antaranya ke Pulau Kalimantan,”kata Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara Roni Imran di Gorontalo, Rabu (31/7).

Menurut dia, langkah yang diambil oleh pemerintah daerah merupakan upaya dalam meningkatkan sumber penerimaan daerah khususnya yang berdampak langsung pada peningkatan pendapatan para peternak.

Baca juga: Maia Estianty Spill Kedekatan El Rumi dengan Syifa Hadju: Uhuk-uhuk

“Kalau perlu pengiriman sapi antarpulau dari Pelabuhan Kwandang dapat berlangsung setiap pekan. Olehnya kami berharap pemerintah daerah dapat mempercepat ketersediaan infrastruktur pendukung yang akan mengoptimalkan keberlangsungan pengiriman sapi antarpulau dari daerah ini,”katanya.

Ia optimistis ketersediaan infrastruktur pendukung memadai dapat menarik minat para pengusaha ternak sapi potong di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo bahkan daerah tetangga untuk melakukan pengiriman sapi melalui pintu perdagangan daerah ini di Pelabuhan Kwandang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gorontalo Utara Rusli Akase mengatakan pengiriman ternak sapi asal Gorontalo melalui Pelabuhan Kwandang Gorontalo Utara dilakukan sangat selektif.

Bahkan kata dia, pengiriman ternak sapi siap angkut mendapat pendampingan dokter hewan hingga seluruh ternak ada di atas kapal. Hal ini untuk benar-benar memastikan kondisi ternak sangat sehat dan aman. Pihaknya pun intensif turun melakukan vaksinasi ternak sapi di 11 wilayah kecamatan.

“Populasi ternak sapi yang baru mencapai 34 ribu ekor terus diupayakan meningkat setiap tahun,”kata Rusli. Peningkatan jumlah populasi sangat penting dalam upaya memenuhi permintaan sapi untuk keperluan pasar Nusantara dari Gorontalo ke daerah-daerah yang intensif pula melakukan permintaan, di antaranya Tarakan Kalimantan Utara.(net)