Bangka Selatan Siapkan Rumah Singgah Pasien Rujukan Luar Daerah

oleh

KRSUMSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan rumah singgah untuk pasien rujukan yang sedang menjalani pengobatan ke luar daerah.

“Selain berobat gratis, kita juga telah menyiapkan dua rumah singgah di Jakarta dan Palembang untuk pasien rujukan yang berobat di dua kota tersebut,”kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bangka Selatan Sumindar di Toboali, Minggu (28/7).

Ia mengatakan, penyediaan dua rumah singgah tersebut untuk membantu masyarakat Bangka Selatan yang sedang menjalani pengobatan di luar daerah. “Untuk masyarakat yang berobat ke Palembang dan Jakarta bisa memanfaatkan fasilitas rumah singgah yang sudah disiapkan secara gratis atau tanpa dipungut biaya,”ujarnya.

Baca juga: Terdeteksi Firespot, Lahan di Kawasan KM 348 Jejawi OKI Terbakar

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan rumah singgah sebelum berangkat berobat dapat melaporkan ke Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak agar dapat disiapkan. “Untuk fasilitas rumah singgah yang disiapkan ini terdapat kamar, tempat tidur, dapur dan juga penjaga yang bisa membantu untuk memfasilitasi pasien dalam berobat,”ujarnya.

Sumindar mengatakan, selain menyiapkan rumah singgah untuk pasien, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan juga menyiapkan dana pendamping untuk pasien yang berobat ke luar daerah. “Dana pendamping yang diberikan ini berupa transportasi dan uang makan selama mereka dirawat di tempat berobat dengan total anggaran yang disiapkan sebanyak Rp50 juta,”ujarnya.(net)