Bunga Reflesia Batang Palupuh Agam Dikunjungi Wisatawan Mancanegara

oleh

KRSumsel.com – Satu individu bunga raflesia jenis arnoldii yang mekar sempurna di Batang Palupuh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam Sumatera Barat dikunjungi sejumlah wisatawan mancanegara untuk melihat secara dekat bunga itu.

Pegiat Wisata Palupuh Joni Hartono di Lubuk Basung Kabupaten Agam mengatakan, setiap hari ada belasan wisatawan mancanegara yang berkunjung. “Pada hari pertama mekar sempurna, Jumat (19/7) sebanyak 25 wisatawan yang berkunjung dan Sabtu (20/7) sebanyak 11 orang,”katanya.

Ia mengatakan, ke-25 wisatawan mancanegara itu berasal dari Spanyol 14 orang, Slovakia enam orang, Italia dua orang, Belanda dua orang dan Jepang satu orang. Pada Sabtu (20/7), wisatawan mancanegara yang datang dari Prancis dan negara lainnya.

“Pada Senin (22/7), sudah ada empat wisatawan dari Jepang yang bakal mengunjungi bunga raflesia yang tumbuh di hutan Batang Palupuh,”katanya. Ia menambahkan, hampir setiap hari wisatawan mancanegara yang berkunjung untuk melihat secara dekat bunga tersebut.

Baca juga: Damri Banda Aceh kaji Trayek ke Medan Terkoneksi ke Trans Sumatera

Ini berkat promosi bunga itu dilakukan ke travel maupun hotel di Sumbar, Sumut, Riau, Jambi, Jakarta, Surabaya, Bali, Sulawesi, Malaysia dan Singapura. “Apabila ada bunga mekar, maka bakal dikunjungi wisatawan karena saya promosikan ke travel dan hotel. Kunjungan meningkat setelah pandemi COVID-19,” katanya.

Ia mengakui wisatawan mancanegara tersebut kagum karena mereka belum pernah melihat bunga raflesia tersebut. Namun ada sebagian dari mereka yang bernostalgia dan ada juga sekedar berfoto di mana lokasi yang pernah mereka datangi.

Dengan kehadiran mereka itu, berdampak terhadap ekonomi masyarakat, karena warga menjual hasil tani kepada wisatawan mancanegara itu seperti vanili, kayu manis dan gardamon untuk suvenir dibawa ke negaranya. “Warung juga didatangi para sopir untuk minum dan belanja sembari menunggu wisatawan mancanegara itu,”katanya.(net)