Kapolsek Tungkal Jaya Minta Perusahaan Sawit Berperan Aktif dalam Mencegah Karhubunlah

oleh

KRSUMSEL.COM, Muba – Guna mencegah terjadinya Kebakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunlah) di wilayah Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Kapolsek Tungkal Jaya Iptu Febriansyah meminta pihak perusahaan sawit untuk turut berperan aktif mencegah hal tersebut.

Hal itu disampaikan dirinya, saat gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutbunlah ke beberapa perusahaan sawit di wilayah hukumnya.

“Ya, selain upaya yang kita lakukan. Kita juga meminta pihak perusahaan sawit agar berperan aktif mencegah terjadinya karhutbunlah, ” ujar Kapolsek Tungkal Jaya Iptu Febriansyah kepada kantor berita KRSumsel, Rabu (17/7).

Baca juga: Sat Samapta Polres Muba Datangi Pengurus SPBU di Kota Sekayu

Sambung Febriansyah, seperti yang dilakukan pihaknya kemarin, ialah dengan mendatangi perusahaan sawit PT Lonsum Suka Damai Estate. Disana, dirinya melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutbunlah.

“Kita juga minta, agar pihak perusahan menyiagakan tim pemadam api. Lalu, kita cek peralatan dan kesiapan pasukan pemadam api. Selanjutnya, dilakukan pengecekan embung maupun kolam penampungan air. Serta melakukan simulasi pemadaman api, ” paparnya.

Ditegaskan Febriansyah, selain berkoordinasi ke perusahaan-perusahaan sawit. Pihaknya turut aktif turun ke masyarakat untuk memberikan imbauan, agar tidak membakar hutan dan lahan dengan cara dibakar.

“Benar, selain memasang spanduk larangan membuka hutan dan lahan dengan cara dibakar. Kita juga rutin sampaikan larangan itu langsung ke masyarakat melalui anggota Bhabinkamtibmas, ” tutupnya.(AS)