Pertamina Dumai Catat Rekor MURI Peragaan Pemadam Kebakaran Terbanyak

oleh

KRSumsel.com – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit II Dumai Provinsi Riau mencatatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam peragaan pemadaman kebakaran rumah tangga secara serentak terbanyak oleh ibu-ibu seluruh unit bisnis dan 250 warga.

General Manager PT KPI RU II Dumai Didik Subagyo memimpin langsung peragaan didampingi SMOM RU II Rudi Hartono dan Manager HSSE Reza Meriski Siregar, Kamis (11/7). Peragaan ini dilaksanakan di Jalan Sekolah Komplek Perumahan Karyawan Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan.

“Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat terutama ibu rumah tangga punya pengalaman dalam menghadapi situasi kebakaran. Selain itu juga bentuk partisipasi kita ikut memecahkan rekor MURI di seluruh unit bisnis KPI Dumai,”kata Didik.

Menurutnya, peragaan pemadaman kebakaran ini sebagai edukasi bagi masyarakat agar bisa menangani api dengan baik dan tepat sehingga terhindar dari musibah kebakaran. Ini sejalan dalam rangkaian peringatan “Internasional Fire Fighters Day”.

Baca juga: Jokowi Tinjau Fasilitas dan Layanan Kesehatan RSUD Bob Bazar

Dalam kegiatan ini, peserta pemadam kebakaran terdiri atas ibu ibu berasal dari Kelurahan Tanjung Palas Jaya Mukti dan pekerja serta persatuan perempuan wanita KPI Mereka dibekali wadah berupa drum terbakar dan kain basah.

“Kampanye ini sengaja melibatkan ibu rumah tangga karena setiap hari mereka berhubungan dengan kompor dan penggunaan kain basah memang terlihat sederhana, tetapi jika dilakukan dengan cara benar, maka api mudah dipadamkan,”sebut Didik.

Sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan, maka dilakukan pembinaan kepada pekerja dalam hal pengendalian kondisi kebencanaan kebakaran. Sementara, Asisten Administrasi dan Umum Setda Kota Dumai Muhammad Syafii mengungkapkan petugas pemadam kebakaran memiliki tugas sangat berat dalam mengendalikan kebakaran apabila terjadi di lingkungan kerja atau di luar.

“Mereka bekerja tanpa mengenal lelah dan tak melihat waktu, baik siang, malam maupun pagi. Oleh karena jasa jasa mereka harus kita hargai agar musibah kebakaran cepat teratasi,”katanya.

Pelaksanaan pencatatan rekor MURI peragaan pemadaman kebakaran di rumah tangga secara serentak ini juga terhubung langsung ke jajaran direksi KPI Pusat dan 9 unit bisnis KPI.(net)