Jabat Pj Wali Kota, Ucok Siap Benahi Sampah dan Sungai di Palembang

oleh

KRSumsel.com, Palembang – Pada rapat paripurna ke-9 MP. II DPRD Kota Palembang yang berlangsung siang hari, Rabu 19 Juni 2024, membahas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap penyampaian raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran tahun 2023 berjalan dengan kehadiran PJ Walikota baru Dr. Ucok Abdul Rauf Damenta, Mag, rer, Pulp menggantikan H. Ratu Dewa yang mengambil pensiun dini dengan keinginan nya bertarung untuk menjadi Calon Walikota Palembang kedepannya.

Masing-masing Fraksi menyampaikan padangan dan keinginan serta menyoroti hal yang sama, masalah jalan macet, sampah dan banjir yang belum bisa di atasi sampai saat ini dan perubahan Kota Palembang menjadi lebih baik ke depan nya.

Pandangan dari Fraksi PAN disampaikan A. Sobri Fadillah mengatakan “Fraksi PAN menilai dalam pelaksanaan anggaran tahun 2023, Pemerintah Kota Palembang belum optimal mewujudkan 6 skala prioritas pembangunan yang tertuang dalam RKPD tahun 2023.” ujarnya Rabu (19/06/24)

Dikatakannya, pada pandangan umum sebelumnya kami sudah menekankan agar Pemerintah Kota Palembang senantiasa professional dalam rangka mewujudkan 6 skala prioritas tersebut yakni:

Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur perkotaan yang terpadu dan merata yang berwawasan lingkungan, agar Pemkot memperhatikan prinsip utama pembangunan tersebut dengan cara Mengoptimalkan penggunaan dana untuk pembangunan prasarana dan sarana perkotaan melalui proses keterpaduan program lintas sektoral yang didasarkan pada prioritas daerah, selanjutnya Desentralisasi Keterlibatan masyarakat serta Kesepakatan dan komitmen antar pihak-pihak yang terlibat dalam program pembangunan perkotaan yang diusulkan dan lebih fokus pada pemberdayaan UMKM yang ada di Kota Palembang.

Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin mengatakan “Sangat menyetujui laporan pertanggungjawaban di bahas, terkait insfratruktur untuk PJ Walikota Palembang yang baru harus tetap dilanjutkan sesuai yang sudah diagendakan” ujarnya.

Zainal berharap untuk PJ Walikota Palembang yang baru menindaklanjuti dan meneruskan apa yang sudah di persetujui bersama di untuk 2024. “Untuk masalah banjir yaitu genangan air setelah hujan di Kota Palembang kami harapkan hal ini yang harus dikerjakan terlebih dahulukan dengan pengerukan anak sungai yang ada di Kota Palembang sehingga saluran air itu terkoneksi dengan saluran anak sungai yang ada di Kota Palembang karena sekarang ini air sungai lebih tinggi dari pada parit yang ada di Kota Palembang” tegasnya.

PJ Walikota baru Dr. Ucok Abdul Rauf Damenta, Mag, rer, Pulp mengatakan “Itulah permasalah perkotaan tadi poin-poin permasalahan kita, bagaimana wajah kita bisa bagus dan rapih dan kami akan membenahi mulai dari sampah, banjir dan perparkiran, saluran air dan drainase yang insyaallah akan di prioritaskan dan mana yang benar-benar Kota menjadi kontras” pungkasnya. (ADV/edi)