Perbaiki Jalan Penghubung di Dua Desa, Wujud Polres OKI Bantu Pembangunan Ekonomi Inklusif Bagi Warga Mesuji Makmur

oleh

KRSUMSEL.COM, OKI – Bukan rahasia umum, pembangunan infrastruktur yang tidak merata di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) masih menjadi kendala dalam membangun perekonomian secara inklusif.

Pentingnya akses jalan yang baik berfungsi menunjang aktivitas perekonomian, seperti kebutuhan akan kecukupan komoditas perdagangan warga.

Secara ekonomi, pengaruh infrastruktur terhadap komoditas dapat dilihat dengan kualitas komoditi dan harga barang.

Rusaknya jalan tentu membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pendistribusian yang juga berpengaruh terhadap komoditas yang dibawa.

Hal itu juga kerap kali membuat distributor memberikan harga yang tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya.

Seperti halnya di Kecamatan Mesuji Makmur, dalam mewujudkan pembangunan ekonomi secara inklusif, warga dan pemerintah dituntut memiliki inisiasi membangun kolektifitas guna menghadapi tantangan yang ada.

 

Komoditas Ekonomi Warga Mesuji Makmur

Berbagai komoditas ekonomi yang dihasilkan dari kebun milik warga Mesuji Makmur, merupakan pemantik yang mampu menopang lajunya roda perekonomian warga setempat.

Padi, jagung, kacang dan cabai yang dihasilkan petani setempat, merupakan produk dengan nilai jual yang cukup signifikan dalam menjaga stabilitas pasokan pangan dan ekonomi Kabupaten OKI.

Terlebih lagi, gencarnya Pemkab OKI dalam mengendalikan inflasi, cukup terbantu dengan adanya komoditas yang dihasilkan petani Mesuji Makmur.

Sebaliknya, akses masuk ke beberapa wilayah Kecamatan Mesuji Makmur, juga berpengaruh dalam siklus ekonomi warga. Selain profit bagi para pelaku ekonomi, kedatangan produk-produk ekonomis juga bermanfaat guna menjawab kebutuhan warga.

 

Peran Polri 

Sebagai pengayom masyarakat, pihak kepolisian Polres OKI melalui Polsek Mesuji Makmur turut mengambil peran dalam menjaga, membangun dan memperlancar roda perekonomian warga.

Hal itu dibuktikan dengan langkah konkrit Polres OKI mulai dari pengamanan, memperbaiki jalan hingga membantu mengangkut komoditas warga.

Kondisi jalan yang kerap kali ‘bonyok’ di musim hujan, seolah memanggil naluri patriotisme Polsek Mesuji Makmur menyatu bersama warga memperbaiki akses jalan dan angkutan komoditas.

Bagaikan balada yang terus mengalun, rutinitas bahu membahu antara Polsek Mesuji Makmur dan warga menjaga stabilitas ekonomi.

Mulai dari memberikan kemananan angkutan komoditas warga, seolah menjadi ritme yang harmonis sehingga warga merasa aman dari tindak kriminal saat melintas di jalan poros yang masih sangat sepi.

Bahkan seperti tak kenal lelah, warga dan Polsek Mesuji Makmur yang dipimpin Iptu Supardjo, berjibaku berperang peluh mengatasi tantangan buruknya akses jalan secara kolektif. Mulai dari kondisi jalan, pemahaman perilaku dan budaya setempat pun tak luput dari pantauan pihak Polsek Mesuji Makmur.