Resahkan Masyarakat, Balap Liar di Lempuing Dibubarkan Timsus Macan Komering Polres OKI

RMOLSUMSEL, OKI – Sekumpulan remaja yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan R Sembilan Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten OKI dibubarkan Tim khusus (Timsus) Macan Komering Polres OKI, Minggu (2/6).

Saat itu Timsus Macan Komering sedang melakukan patroli di Jalan Lintas Timur Kecamatan Lempuing Jaya, seketika  Wakapolres OKI, Kompol Faisal Pangihutan Manalu menghubungi dan menginstruksikan untuk menindaklanjuti adanya kegiatan balap liar dengan menggunakan knalpot brong saat melintas di Jalintim OKI, tepatnya di daerah R Sembilan Kecamatan Lempuing Jaya.

Mendapatkan informasi tersebut, Timsus yang dipimpin Katim Iptu Djunaidi langsung menuju ke lokasi. Sesampainya di sana, Timsus Macan Komering berpura-pura mengantri BBM di SPBU di dekat lokasi balap liar.

Benar saja, selang beberapa saat terdengar raungan suara motor dengan knalpot brong yang memekakkan telinga melintas dengan kecepatan tinggi.

Kemudian kedua kendaraan tersebut masuk ke SPBU dan menuju ke halaman parkir samping SPBU.

Setelah diikuti, ternyata di sana terdapat puluhan anak muda dengan berbagai macam motor yang telah dimodifikasi yang menggunakan knalpot brong.

“Kemudian kita langsung melakukan pemeriksaan terhadap kumpulan anak-anak muda tersebut, serta mengecek kendaraan yang mereka gunakan,” kata Iptu Junaidi.

Lanjut Junaidi, beberapa anak muda sempat diamankan dan diberikan edukasi terkait larangan dan dampak negatif dari aksi yang mereka lakukan.

“Tentu kami berikan arahan positif kepada generasi muda itu. Baik tentang berkendara yang baik maupun terkait bahaya aksi balap liar,” ujarnya.

Terpisah Wakapolres OKI, Kompol Faisal Pangihutan Manalu SIK membenarkan hal tersebut. Menurutnya, ada sepuluh kendaraan dengan modifikasi yang berhasil diamankan.

“Untuk yang menggunakan knalpot brong, kita suruh lepas dan knalpotnya kita bawa ke Polres OKI,” tandas Wakapolres.

Seperti diketahui, aksi balapan liar juga sering terjadi di wilayah Kota Kayuagung, khususnya di malam Minggu hingga Minggu dini hari.

Puluhan pemuda sering memacu kendaraan dengan knalpot brong di sepanjang ruas Jalan Yusuf Singedekane Kayuagung, tepatnya depan RSUD Kayuagung.

Timsus Macan Komering juga pernah mengamankan tiga unit kendaraan yang diduga digunakan untuk balapan liar di ruas jalan tersebut.