BPIP RI Sosialisasikan Ideologi Pancasila di Lapas Kelas IIB Kayuagung

oleh

KRSUMSEL.COM, OKI – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BIP RI) bekerjasama dengan pihak Lapas kelas IIB Kayuagung menggelar Sosialisasi Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila, Selasa (27/2).

Menurut Ketua BPIP RI Yudian Wahyudi, sosialisasi itu dilakukan untuk membangun jiwa pancasilais pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lapas Kelas IIB Kayuagung.

“WBP di lapas ini juga perlu mendapatkan pemahaman ideologi pancasila, sehingga nanti ketika masa hukuman mereka telah selesai, mereka menjadi lebih baik lagi,” kata Yudian, Selasa (27/2).

Yudian menjelaskan, kegiatan sosialisasi ideologi pancasila dilakukan agar menumbuhkan rasa nasionalisme dan membangkitkan semangat WBP, meskipun menjalani hidup di dalam lingkungan lapas.

“Kami memberikan semangat kepada mereka dan mengingatkan mereka bahwa hidup di negara pancasila sangatlah beruntung,” ujarnya.

Selain di Lapas Kelas IIB Kayuagung, Yudian menerangkan bahwa pihaknya telah menyosialisasikan ideologi pancasila ke beberapa daerah lainnya.

Yudian menyebutkan beberapa tempat diantaranya, Meulaboh, Pandeglang, Banten dan Rangkas Bitung.

Sementara itu, menurut Pj Bupati OKI Asmar Wijaya, sebagai Pj Bupati dirinya menginginkan kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di lapas saja, namun juga dilakukan pada warga OKI termasuk di lingkungan Pemkab OKI.

“Karena saat ini, nilai-nilai Pancasila sudah mulai terkikis. Untuk itu, penumbuhan pemahaman falsafah Pancasila harus terus dilakukan,” kata Asmar.

Asmar menjelaskan, hal yang paling banyak terjadi adalah sikap individualisme yang akhirnya menumbuhkan sikap ketidakpedulian antar sesama.

“Tentu ini sangat baik dilakukan. Kami sangat mengapresiasi hal yang dilakukan pihak BPIP RI saat ini,” ujar Asmar.

Ia menambahkan, nilai-nilai pancasila harus ditumbuhkan lagi dari tingkatan yang paling bawah. “Kalau dulu, kami ada penataran P4. Harusnya hal seperti itu terus dilakukan agar jiwa nasionalisme dan pancasilais tetap ada dalam setiap warga negara Indonesia,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan seremonial pelepasan bibit ikan di Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Kelas IIB Kayuagung oleh BPIP RI.