BPBD Muratara Instruksikan Langkah Awal Persiapan Evakuasi Banjir pada Warga yang Terdampak

KRSUMSEL.COM, Muratara – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) instruksikan langkah persiapan evakuasi banjir, Rabu (10/1).

Kepala BPBD Kabupaten Muratara Zainal Arifin Daud menyebutkan, pihaknya menginstruksikan langkah-langkah yang harus dipersiapkan para korban banjir atau masyarakat yang sedang mengalami insiden bencana banjir.

Menurut Zainal, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memantau terus informasi banjir. Kedua, amankan barang dan dokumen yang penting ke tempat yang lebih tinggi.

“Ketiga, cabut atau matikan semua aliran listrik, karena hal ini justru dapat mengakibatkan korsleting listrik atau bahkan kebakaran,” kata Zainal, Rabu (10/1).

Kemudian, pihaknya mengingatkan kepada warga agar tidak berjalan di area arus listrik dan segera bersiaga ke dataran lebih tinggi.

Zainal juga mengingatkan agar kendaraan warga baik motor maupun mobil di wilayah banjir harus menghindari kawasan beraliran listrik yang tersentuh atau tergenang banjir.

“Hal ini langkah awal yang harus dilakukan saat menghadapi situasi bencana banjir,” pungkasnya.