Atasi Kemiskinan Ekstrim, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR RI Bangun RITTA bagi Warga Miskin di Prabumulih

KRSUMSEL.COM, Prabumulih – Dalam mengupayakan penanganan pengentasan kemiskinan ekstrim di Kota Prabumulih, Direktur Jenderal Perumahan Kementrian PUPR Republik Indonesia melaksanakan pemasangan Peneng & Baut Topping Off serta meninjau langsung ke Lokasi Pembangunan RITTA (Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa) di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih (10/1).

Pembangunan RITTA merupakan pembangunan Pilot Project di Kelurahan Sukaraja Prabumulih Selatan, RITTA diperuntukan untuk masyarakat memiliki penghasilan rendah, seperti komunitas pemulung, disabilitas, kuli panggul, sol sepatu dan Tukang becak.

Selain itu, Dirjen Kementerian PUPR juga membangun rumah yang dibangun menggunakan struktur RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat).

Runah tersebut kedepannya dapat dikembangkan bagian depan dan belakang dengan kerjasama kemitraan antara Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemkot Prabumulih sebagai penyediaan lahan dan PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk.

“Rumah yang terbangun di depan kita ini merupakan sebuah wujud kolaborasi yang luar biasa, saya sangat mengapresiasi Pemkot Prabumulih menyiapkan lahan sebagai bentuk kewajiban keadilan negara,” ujar Dirjen Perumahan dan Pemukiman Kementerian PUPR RI.

Ia menjelaskan, terdapat 2 tahapan pembangunan, tahap 1 telah terbangun 4 unit dan 60 unit dalam proses pembangunan tahap 2, Perumahan RITTA volume 6×3 M (Type 18 M 2) denfan jumlah bantuan Rp 35.000.0pp /Unit Rumah.

Pj Wali Kota Prabumulih H. Elman msngatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan dari Dirjen PUPR tersebut. “Tentunya RITTA ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Prabumulih,” pungkasnya.