Lepas Kendali, Tongkang Batu Bara Hantam Pelabuhan 7 Ulu Palembang

oleh

KRSUMSEL.COM, Palembang – Satu unit tongkang pengangkut batu bara terlepas dari tugboat dan menabrak pelabuhan 7 Ulu Palembang, Selasa (2/1) sekitar pukul 07.30 WIB.

Akibat ditabrak oleh tongkang bermuatan puluhan ribu ton batu bara itu, kondisi pelabuhan yang baru saja diresmikan pada 15 Juli 2023 lalu dan menghabiskan APBN sebesar 75 miliar tersebut kini rusak berat.

Kasat Polairud Polrestabes Palembang, Kompol Suprawira, membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia mengatakan, usai menerima laporan warga pihaknya mendatangi lokasi.

“Hingga saat ini kita melakukan olah TKP dan juga memintai keterangan saksi-saksi di TKP. Salah satu saksi yakni nahkoda kapal tugboat tersebut,” katanya saat diwawancarai.

Lanjut Suprawira, peristiwa itu berawal saat tugboat APS menarik tongkang batubara dari arah Musi IV menuju ke arah Musi VI, tapi saat berada di bawah Jembatan Ampera kapal ini menyenggol dermaga.

“Kita ketahui bahwa dermaga ini merupakan dermaga penumpang, kita belum menerima laporan dari kementerian Perhubungan. Karena hal ini wilayahnya masuk dalam kementerian Perhubungan,” tambah dia.

Sehingga pihaknya hanya melakukan olah TKP hingga memintai keterangan para saksi hingga nahkoda kapal terkait peristiwa yang terjadi tersebut. Hingga ini saksi-saksi masih di ambil keterangan.

“Kita melakukan hal itu, untuk mengetahui kronologi sebenarnya, untuk tugboat APS bermuatan tongkang batu bara telah kita amankan dan selanjutnya akan kita lakukan pemeriksaan terhadap nahkodanya,” tutupnya.