Polisi Patroli Kampanye untuk Cegah Konflik Pemilu di Pesisir Barat

oleh

Krsumsel.com – Personel Kepolisian Polres Pesisir Barat Polda Lampung melakukan patroli pengamanan kampanye untuk mencegah potensi terjadinya konflik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah itu.

Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra mengatakan, pihaknya melakukan patroli dialogis ke kantor KPU dan Bawaslu hingga ke lokasi-lokasi tempat kampanye partai politik untuk mengantisipasi adanya potensi gangguan keamanan.

“Dalam rangka mengawal dan menjaga jalannya kampanye Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 Polres Pesisir Barat melakukan pengamanan dan monitoring untuk mencegah potensi gangguan terhadap ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan kampanye,”kata dia, Selasa (19/12).

Ia menambahkan, pengamanan ini sangat penting dilakukan Polri untuk menjamin keamanan dan kelancaran selama proses tahapan pemilu 2024 berlangsung. “Personil yang terlibat pengamanan tetap menjaga netralitas dan fokus pada tugas pengamanan untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,”katanya.

Baca juga: Hasil Drawing Babak 16 Besar Liga Champions: Napoli Vs Barcelona

Ia menjelaskan, patroli ini juga merupakan bagian dari strategi preventif yang dijalankan oleh Polres Pesisir Barat guna memastikan situasi keamanan dan ketertiban pada masa kampanye. Kapolres turut mengimbau kepada seluruh masyarakat agar saling menghargai walaupun berbeda pilihan dan jangan sampai memecah belah persatuan.

“Jangan mudah terhasut dengan berita-berita yang belum tentu kebenaran-nya. Mari kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas dan jelang pemilu 2024 di Kabupaten Pesisir Barat tetap aman dan kondusif,”ujarnya. Menurut dia, kantor KPU dan kantor Bawaslu serta pengamanan tahapan kampanye menjadi sasaran patroli untuk menjamin terjadinya proses demokrasi yang baik dan berkualitas.

Namun menurut dia, terciptanya situasi yang aman dan kondusif bisa terwujud apabila adanya kerja sama yang baik antara pihak keamanan Polres Pesisir Barat, KPU, Bawaslu, dan Pemerintah daerah.(net)