Dishub OKI Siap Lakukan Pengamanan Ekstra di Libur Nataru 2023-2024

oleh

KRSUMSEL.COM, OKI – Terkait adanya peningkatan arus kendaraan sebesar tujuh persen yang melintas di tol kawasan OKI di musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten OKI mensiagakan pasukan untuk berpatroli di kawasan tol.

Kabid Lalulintas Jalan Dishub OKI Alex Sabirin mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam mengatasi kepadatan volume kendaraan.

“Kami menerjunkan 50 personil untuk pengamanan libur Nataru kali ini. Kami juga menyiapkan beberapa kendaraan patroli yang digunakan untuk memantau kondisi jalan di kawasan tol,” kata Alex, Selasa (19/12).

Menurut Alex, Kabupaten OKI merupakan pintu masuk dan keluar arus kendaraan dari pulau Jawa. Hal itu menjadi alasan pihaknya bekerja ekstra dalam pengamanan libur Nataru.

Untuk itu lanjut Alex, pihaknya membuat lima Posko dalam pengamanan Nataru 2023-2024. “Posko Pelayanan ada di pintu tol Celika, Posko Pengamanan di Kecamatan Lempuing, Mesuji dan di area tol Km 77 dan Km 306,” ujar Alex.

Mengenai kenaikan arus kendaraan, Alex juga berkoordinasi dengan pihak Polres OKI untuk melakukan peningkatan patroli di kawasan tol.

“Kami akan melakukan patroli rutin bersama pihak kepolisian di titik-titik rawan kemacetan atau kepadatan arus kendaraan,” ucapnya.

Sebelumnya, pihak PT. Hutama Karya (HK) telah memantau kondisi kenaikan arus kendaraan yang masuk di kawasan Tol Terbangi Besar Pematang Panggang Kayuagung.

“Telah terpantau kenaikan traffic kendaraan sebanyak lima hingga tujuh persen dari hari Minggu kemarin,” ucap Branch Manager PT. HK, Taufiq Hidayat.

Taufik juga mengatakan, pihaknya memiliki solusi sendiri dalam mengatasi hal tersebut. “Agar tidak ada penumpukan atau kepadatan di pintu tol, kami telah memfungsikan tujuh gerbang tol dan enam unit mobile reader,” kata Taufiq.