Ratusan Personil Polres OKU Jalani Tes Psikologi

oleh

KRSUMSEL.COM, OKU – Ratusan personel Polres Ogan Komering Ulu (OKU) mengikuti tes psikologi di Gedung Wira Satya Ruang Multimedia Wicaksana Laghawa, Kamis (14/12).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan rutin Polri, khususnya di wilayah Polres OKU.

Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono, SIK MH, menjelaskan, tes psikologi atau psikotes menjadi keharusan bagi anggota polisi pemegang senjata api setiap enam bulan sekali.

Menurutnya, hal itu merupakan upaya antisipasi dan pencegahan penyalahgunaan senjata api yang bisa disebabkan oleh terganggunya kemampuan pengendalian emosi.

Dijelaskannya, ratusan anggota Polres OKU yang merupakan pemegang senjata api mengikuti psikotes rutin di Gedung Wira Satya Ruang Multimedia Wicaksana Laghawa.

Arif Harsono menekankan bahwa bagi anggota yang tidak sempat menjalani tes psikologi, diarahkan untuk mengikuti tes di Polda Sumsel secara langsung.

“Tes psikologi ini bersifat wajib bagi anggota pemegang senjata api dan melibatkan penilaian dari atasan mereka. Dalam tes ini, anggota diuji dari segi kecerdasan dan kepribadian, terutama dalam hal pengendalian diri dan kestabilan emosi,” ungkap Kapolres.

Ditambahkannya, hasil tes nantinya akan menunjukkan apakah anggota tersebut memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS).

“Jika masuk kategori TMS, hal ini berimplikasi pada kemungkinan anggota tersebut tidak diperbolehkan memegang senjata api,” ujar Kapolres.

Arif Harsono menegaskan bahwa jika dinyatakan TMS, izin memegang senjata api bagi anggota tersebut dapat dicabut.

“Ini merupakan langkah serius dalam menjaga keamanan dan memastikan bahwa setiap anggota yang memegang senjata api memiliki kemampuan kontrol emosi yang baik,” tutupnya.