Pemkab Mukomuko Layani USG Gratis untuk hewan Bunting

oleh

Krsumsel.com – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu memberikan layanan pemeriksaan ultrasonografi (USG) gratis dengan berkeliling desa bagi hewan bunting terutama hasil kawin suntik atau inseminasi buatan (IB).

“Kemarin sudah jalan. Petugas sudah ke lapangan melakukan pemeriksaan ternak hasil IB, apakah sudah bunting atau tidak,”kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni di Mukomuko, Senin (4/12).

Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pertanian sejak beberapa waktu yang lalu juga telah membuka layanan fasilitas USG gratis bagi hewan ternak bunting di Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Kota Mukomuko.

Baca juga: Perjalanan 2 KA di Daop Semarang Terganggu Akibat Longsor Banyumas

Ia mengatakan, penggunaan alat USG di Puskeswan Kota Mukomuko ini kalau ada permintaan dari para peternak di wilayah ini. Selain itu, alat USG yang ada tersebut bisa dibawa ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan pelayanan terhadap hewan ternak yang bunting terutama melalui program pemerintah seperti IB.

Ia mengatakan, instansinya melalui puskeswan yang tersebar di sejumlah wilayah memberikan sosialisasi terkait dengan pembukaan pelayanan fasilitas USG gratis bagi hewan bunting kepada masyarakat setempat. Meskipun belum ada peluncuran program pemeriksaan USG gratis untuk hewan bunting, namun kegiatan itu tetap berjalan.

“Kami sudah ada rencana peluncuran program pemeriksaan USG hewan bunting ini, mungkin dalam rangka hari jadi Kabupaten Mukomuko pada Januari atau Februari 2024,”ujarnya. Dinas Pertanian setempat melayani pemeriksaan USG gratis untuk hewan besar seperti sapi, kuda, dan kambing, lalu hewan kecil seperti kucing. Sejauh ini di daerah itu belum ada usaha kesehatan hewan yang membuka jasa USG hewan bunting.(net)