9 Daerah di Sumsel Siaga Hadapi Bencana Hidrometeorologi

oleh

Krsumsel.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengingatkan, 9 daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) agar siaga menghadapi bencana hidrometeorologi.

Kepala BPBD Sumsel M Iqbal Alisyahbana saat diwawancarai wartawan di Palembang, Jum’at (24/11) mengatakan, kesembilan daerah itu adalah Kabupaten Empat Lawang, Lahat, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, Musi Rawas (Mura), Muratara, Kota Pagaralam dan Lubuk Linggau.

“Kesembilan daerah itu rentan terhadap bencana hidrometeorlogi karena secara geografis itu daerah-daerah itu adalah perbukitan,”jelasnya.

Selain faktor geografis katanya, selama musim kemarau banyak tumbuhan yang mati akibat kekeringan yang disebabkan oleh El Nino. Maka dari itu, kondisi tersebut perlu diantisipasi mengingat tumbuhan merupakan faktor penting membantu ekosistem alam dalam menyerap air.

Baca juga: BPBD: 41 Desa di Nagan Raya Aceh Terendam Banjir

“Kami sudah menyampaikan pemberitahuan dan imbauan yang dikeluarkan BMKG soal peringatan dini ke pemerintah daerah masing-masing,”ujarnya.

Terkait penetapan status bencana itu, pihaknya memantau terlebih dahulu perkembangan situasi di lapangan dalam menghadapi kemungkinan bencana alam sebelum menaikkan status penanganan.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan langkah dilakukan sebagai upaya mitigasi bencana mengingat sudah ada peringatan dini dari BMKG terkait kemungkinan bencana hidrometeorologi akibat perubahan cuaca dengan melakukan pengecekan personel dan peralatan.

“Personel yang disiapkan untuk menghadapi bencana hidrometeorologi sebanyak 1.000 orang dari lintas instansi. Jumlah tersebut nanti ditambah dengan pemuda yang ada di wilayah-wilayah rawan bencana,”ujarnya.(net)