Masjid Kubah Timah di Pangkalpinang Terbesar di ASEAN Diresmikan

oleh
oleh
Masjid kubah pangkal Pinang

Krsumsel.com – Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Maulan Aklil meresmikan Masjid Agung Kubah Timah yang merupakan masjid kubah timah terbesar di Kawasan Asia Tenggara atau ASEAN, Jumat (10/11).

“Alhamdulillah, peresmian masjid hari ini dihadiri sekitar 2.000 lebih warga Kota Pangkalpinang,”kata Maulan Aklil di Pangkalpinang, Jumat (10/11). Ia mengatakan, pembangunan Masjid Agung Kubah Timah mengambil konsep tudung saji yang menandai wujud kearifan lokal dan timah sebagai komoditas utama Provinsi Kepulauan Babel.

Konsep arsitektur masjid ini dimatangkan pada 2021 dan 2022 dilakukan perencanaan teknis. Masjid Agung Kubah Timah dibangun di bekas gudang beras dengan luas lahan 5.852 meter persegi.

“Masjid Agung Kubah Timah ini terdiri lima kubah, ketinggian kubah pertama 16 meter, diameternya 32 meter dengan daya tampung 2.000 orang jamaah,”ujarnya.

Sementara itu, kubah kedua di Masjid Agung Kubah Timah ini di ruang wudu wanita dengan tinggi kubah delapan meter dengan diameter 16 meter dan kubah ketiga ruang wudu laki-laki bagian bawah dan bagian lantai atas digunakan untuk kantor pengurus masjid dengan diameter kubah 20 meter dan tinggi 10 meter.

“Kami akan bangun lagi kubah keempat untuk PAUD dan Islamic Center dan kubah kelima untuk ruang serba guna,”katanya. Selain itu, Pemkot Pangkalpinang juga akan membangun parkir kendaraan bawah tanah guna menampung kendaraan jamaah yang beribadah di masjid tersebut.

Sementara itu, bagian depan masjid ini akan dibangun minaret (menara masjid) dan jembatan penyeberangan yang tembus ke Alun-Alun Lapangan Merdeka Kota Pangkalpinang. “Kami perlu menyampaikan hal ini agar masyarakat tidak lagi bertanya-tanya tentang pembangunan Masjid Agung Kubah Timah yang menjadi ikon Kota Pangkalpinang sebagai Kota Beribu Senyuman ini,”katanya.(net)