Harga Cabai Tembus 100 Ribu per Kilogram, Pemkab dan DPRD Banyuasin Cari Solusi

oleh

Banyuasin, KRSUMSEL.COM – Untuk mengecek harga kebutuhan pokok masyarakat, Pj Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH bersama Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan meninjau pasar Pangkalan Balai, Selasa (7/11).

Tiba di pasar tersebut, ia didampingi Kepala Disperindag-UKM Ir. Alfian, MM., Kasat Pol-PP Damkar Drs. Indra Hadi, Camat Banyuasin III Santo, S.Sos., M.SI., berserta jajaran lainnya.

Saat di lokasi, hanya ditemukan pedagang sayur yang menjual cabai yang saat ini harganya meroket dari 80 sampai 100 ribu per kilogram. Berikut bahan pokok lain yang ikut mengalami kenaikan secara signifikan.

Guna menekan harga bahan pokok yang kian melonjak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin menggelar operasi pasar murah di beberapa tempat di pekan-pekan tertentu.

“Sidak kali ini guna menyetabilkan harga seperti cabai, bawang dan lain-lain. Saat ini kami sedang menggelar pasar murah di pasar Sedulang Setudung dan insya Allah akan dilakukan juga di beberapa tempat lainnya,” ungkap Hani.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan berharap OPD terkait segera mencari solusi dan terus melakukan pengawasan aktif terhadap pedagang di pasar wilayah Banyuasin, supaya harga kebutuhan pokok tidak melonjak.

“Saya minta OPD terkait harus punya strategi yang tepat untuk menekan harga sembako terjangkau bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Indra seorang pedagang berharap pemerintah dapat memperhatikan para pedagang serta memberikan solusi seperti pinjaman lunak bagi pelaku usaha.

“Harapan saya pemerintah memikirkan kami para pedagang. Saat ini harga cabai mahal yang awalnya 13 ribu modalnya menjadi 70 ribu tolong berikan kami solusi seperti pinjaman modal lah untuk kami pak,” harapnya.