Peringati Hari Sumpah Pemuda, Polres Muba Gelar Upacara Bertema ‘Bersama Majukan Indonesia’

oleh

Muba, KRSUMSEL – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95, Polres Musi Banyuasin (Muba) mengadakan upacara di Mapolres Muba, Senin (30/10/2023).

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kapolres Muba AKBP Imam Safii Sik. Msi. yang diwakilkan kepada Kompol Ali Rojikin selaku Kabag SDM Polres Muba, sedangkan Ipda Daimon bertindak sebagai komandan upacara.

Bertema “Bersama Majukan Indonesia”, Ali Rojikin menjelaskan kepada seluruh personil Polres Muba bahwa tema tersebut merupakan stilasi barisan manusia.

Lanjutnya, hal itu menyimbolkan kolaborasi dan warna warni yang melambangkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya yang merupakan sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Ali Rojikin menyampaikan amanah Menteri Pemuda dan Olahraga akan makna Hari Sumpah Pemuda.

“Peringatan ini untuk mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan,” kata Ali Rojikun.

Menurutnya, sumpah pemuda 1928 telah melahirkan komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Sekarang para pemuda dan pemudi mendapatkan posisi terhormat dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 hendaknya dijadikan momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.