Musdes Tanjung Lubuk, Dihadiri Camat Indralaya Selatan

oleh
oleh

Indralaya, KRSUMSEL.COM – Musyawarah Desa (Musdes) Tanjung Lubuk Kecamatan, Indralaya Selatan, dihadiri langsung oleh Camat Indralaya Selatan, Hj Saadah.

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tanjung Lubuk, Kamis, (26/10).

Kades Tanjung Lubuk Abdal Hadi menyampaikan kegiatan Musdes ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dalam rangka melaksanakan tahapan perencanaan pembangunan desa.

Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Untuk itu diharapkan kepada seluruh undangan, dapat memberikan masukan dan menyampaikan hal-hal yang menjadi prioritas di Desa Tanjung Lubuk dan semoga dapat direalisasikan di tahun 2024 nanti.

Lebih lanjut Abdal menyampaikan laporan bahwa semua program yang dikerjakan di tahun 2023 dapat diselesaikan tepat waktu.

Baca juga : Gegara Ikan, Dua Nyawa Melayang

Sejalan dengan sambutan Kades Tanjung Lubuk, Camat Indralaya Selatan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintahan Desa Tanjung Lubuk yang telah melaksanakan kegiatan Musdes dan mengundang Forkopincam untuk hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen yang baik dari pemerintahan desa dalam menyelenggarakan pemerintahan desa yang demokratis dan partisipatif,” ujar Camat.

Lebih lanjut camat menyampaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, setiap tahun Pemdes wajib melaksanakan tahapan perencanaan pembangunan desa berupa penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes).

“Dalam melaksanakan musdes, pemerintahan desa harus melibatkan Badan Permusyawaratan Desa dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya desa dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa,” tambah camat.

Selain itu, camat juga memaparkan beberapa ketentuan yang harus menjadi perhatian dalam penyusunan dokumen RKPDes tahun 2024.

Yaitu harus mempedomani hal-hal yang tercantun dalam prioritas penggunaan dana desa, memperhatikan rekomendasi kegiatan rembuk stunting yang lalu yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan pada tahun 2024.

“Semoga Musdes yang dilaksanakan hari ini dapat menghasilkan dokumen RKPDes yang baik dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Tanjung lubuk,” harap Camat.

Sementara pendamping desa pemberdayaan Utami didampingi pendamping teknik Ariyanto, pendamping lokal desa PLD Herlina, mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang hadir dan sangat antusias memberikan masukan-masukan guna kemajuan Desa Tanjung Lubuk.