Tekan Angka Inflasi, Pemkab Ogan Ilir Gelar Operasi Pasar Murah

Ogan Ilir, KRSUMSEL.COM – Wakil Bupati (Wabup) Ogan Ilir Ardani, S.H didampingi Ketua 1 TP. PKK Ogan Ilir Hj. Faizah Ardani melakukan pemantauan atau monitoring operasi pasar murah di Kantor Camat Kandis, Rabu (25/10/2023)

Kegiatan operasi pasar murah merupakan dana insentif fisikal Kategori Pengendalian Inflasi Daerah yang diberikan kepada Kabupaten Ogan Ilir oleh Pemerintah Pusat.

Hal itu dilakukan untuk tetap selalu menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah.

Berbagai aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan pasar murah, yakni tebus murah bahan pangan berupa beras, gula dan minyak goreng dapat ditebus dengan harga Rp. 63.000.

Setiap paket terdiri dari beras 5Kg, minyak goreng 1Kg, dan gula 2Kg. Total 1200 paket untuk 12 desa di Kecamatan Kandis.

Kepala Koperindagkop UKM Kab. Ogan Ilir Ir. H. Tapip, M.Si dalam laporannya, kegiatan operasi pasar murah ini merupakan tindaklanjut SK Menkeu 2023, tentang insentif fiskal inflasi di beberapa Kabupaten.

“Salah satu kegiatannya yakni operasi pasar murah dengan harga yang telah disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten,” ucapnya.

Sementara itu, Wabup Ogan Ilir Ardani menyampaikan, operasi pasar murah ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Ogan Ilir untuk terus menekan harga kebutuhan bahan pokok yang mengalami kenaikan akibat dampak dari inflasi.

“Harapannya agar ke depan kegiatan operasi pasar murah dapat dilakukan sesering mungkin, agar masyarakat dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan pengannya,” ujarnya singkat.