1 Pabrik Gula Terbakar Akibat Kebakaran Lahan di Cilacap

oleh

Krsumsel.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kebakaran lahan di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, Minggu (15/10) pagi telah mengakibatkan satu unit pabrik gula ikut terbakar.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta mengatakan, kebakaran lahan tersebut menyebabkan terbakarnya satu unit rumah pabrik gula beserta tiga alat penggiling tebu yang berada di dalamnya.

“Dilaporkan bahwa api sempat membakar 20 hektare lahan yang berada di sekitar pabrik gula tersebut tepatnya di Desa Ujunggagak Kecamatan Kampung Laut,”ujarnya. Pada saat kejadian kata Abdul, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap bersama tim gabungan langsung menuju ke lokasi lahan terbakar.

Baca juga : Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Turun Per 1 November

BPBD Cilacap sambungnya, bersama masyarakat setempat bergotong-royong memadamkan api dengan menggunakan jerigen penyemprot air serta memanfaatkan ranting-ranting pepohonan. “Upaya tersebut membuahkan hasil dengan padamnya kebakaran pada pukul 15.15 WIB,”tambahnya.

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah, karena saat ini masih dalam musim kemarau, agar lebih waspada dan berhati-hati menghindari potensi terjadinya kebakaran.

Beberapa di antaranya, dengan memastikan membuang puntung rokok yang dalam keadaan padam dan menghindari meninggalkan pembakaran sampah saat masih menyala.(net)