Disdukcapil & Grab Antar Puluhan KTP ke Warga Perhari

oleh
oleh

Krsumsel.com –  
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Provinsi Riau bersama penyedia ojek daring “Grab” mengantar langsung 30 hingga 50 keping Kartu Tanda Penduduk yang selesai dicetak kepada warga setiap harinya.

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita melalui Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Murdinal Guswandi, Rabu (27/9) mengatakan, pengiriman KTP ke rumah warga bersangkutan ini merupakan kerja sama Anterin Dong (Andong). Kerjasama ini sudah terjalin antara Disdukcapil Kota Pekanbaru dan Grab sejak pertengahan Juni lalu.

Baca Juga : Lanudal Juanda Sita Benih Lobster Senilai Rp7 Miliar

“Kerja sama ini kita siapkan untuk masyarakat yang tidak ada waktu dan kesempatan untuk mengambil KTP-nya yang selesai dicetak. Sampai sekarang kerja samanya masih berjalan dengan baik rata-rata ada 30-50 KTP yang kita antar per hari,”ulasnya.

Ia menyampaikan, di kerjasama Andong ongkos pengiriman KTP ditanggung oleh warga dengan biaya sebesar Rp12 ribu. Itu untuk biaya pengiriman reguler yang hari ini pesan besok diantar.

Baca Juga : Prajurit TNI Terbaik Adalah Yang Bermanfaat Bagi Masyarakat di Sekitarnya

“Ongkirnya (ongkos kirim) cuma Rp12 ribu, jauh-dekat. Untuk hitungannya bukan per KTP (tapi per paket), karena satu KK itu ada yang sampai 5 KTP, kemudian juga ada kartu identitas anak,”terang Murdinal. Namun untuk warga yang butuh KTP cepat, juga ada disiapkan pelayanan khusus oleh Grab. Pesan hari ini langsung diantar namun ongkirnya tergantung kebijakan Grab bisa sampai Rp15 ribu.

Kerjasama yang terjalin ini lanjutnya, merupakan satu dari tiga inovasi Disdukcapil yang diluncurkan secara langsung oleh Pejabat Walikota Pekanbaru Muflihun. Kerjasama yang terjalin bertujuan mempermudah layanan kepada warga di dalam pengurusan administrasi kependudukan.(net)