Daftar Sekolah Kedinasan Indonesia Langsung jadi PNS

oleh
oleh

Sekolah kedinasan banyak diminati oleh lulusan SMA. Selain kualitas pendidikan, sekolah ini menyediakan peluang untuk langsung menjadi PNS. Tentu, tidak semua sekolah menyediakan kesempatan tersebut.
Kendati begitu, belajar di sekolah kedinasan dapat menjamin masa depan lulusannya. Yuk ketahui lebih lanjut yang dimaksud dan daftar sekolah kedinasan di Indonesia.

Apa Itu Sekolah Kedinasan?
Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang dinaungi kementerian atau lembaga pemerintahan. Dikutip dari laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), sekolah ini melatih siswanya menjadi abdi negara.

Baca Juga : Harga Beras di Pasaman Barat Naik Rp1.500 Menjadi Rp15.000/Kg

Sebelum masuk sekolah ini, peserta harus mengikuti berbagai tes yang ditentukan. Mulai dari tes tulis, fisik, wawancara dan psikologi. Setelah diterima, siswa pun harus menjalani program pelatihan, seperti pengetahuan teoritis, keterampilan praktis dan pembentukan karakter, sesuai dengan tanggung jawab yang akan mereka emban.

Nantinya lulusan sekolah kedinasan menerima sertifikat atau gelar yang mengakui kualifikasi mereka. Selanjutnya, siswa ditempatkan di instansi pemerintah atau dinas yang sesuai dengan spesialisasinya siswa. Sebagian yang lain bebas menentukan masa depannya.

Daftar Sekolah Kedinasan
Sekolah kedinasan terbagi dua, yaitu yang bernaung di bawah kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian. Sebagai catatan, tidak semua sekolah kedinasan saat ini menyediakan ikatan dinas.

Selain itu, tidak semua sekolah kedinasan menyediakan kuliah gratis bagi siswanya. Kendati begitu, masih terbuka kesempatan bagi detikers yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah tersebut.

Berikut daftar sekolah kedinasan mengutip buku Panduan Lengkap Masuk Sekolah Kedinasan oleh Puspa Swara dan M. Arif Ahsan dan situs tiap kementerian serta lembaga

Sekolah Kedinasan di Bawah Kementerian
Sebagian perguruan tinggi berbentuk akademi dan sekolah tinggi mengubah namanya menjadi politeknik atau poltek, sesuai kebijakan pemerintah.

1. Kementerian dalam Negeri
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

2. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Akademi Minyak dan Gas Bumi (Akamigas).

3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)
Politeknik Imigrasi (Poltekim).

4. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Politeknik Pariwisata Bali
Politeknik Pariwisata Medan
Politeknik Pariwisata Makassar
Politeknik Pariwisata Palembang
Politeknik Pariwisata Lombok.