Cegah Kebutaan, RSUP Dr Sardjito Kerjasama dengan PERDAMI DIY

oleh
oleh

 RSUP Dr Sardjito Yogyakarta bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Ahli Mata Indonesia (PERDAMI) Cabang DIY menyelenggarakan rangkaian bakti sosial dalam rangka World Sight Day Tahun 2023.

Kegiatan dilaksanakan di Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Pelayanan Kesehatan Tradisonal RSUP Dr Sardjito Yogyakarta yang berada di Tawangmangu dengan sasaran masyarakat Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya.

Bakti sosial ini dihadiri oleh para Stakeholder Kabupaten Karanganyar, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Camat Tawangmangu, Danramil Tawangmangu, Kepala Puskesmas Tawangmangu, Perwakilan dari Polsek Tawangmangu, serta Tim PERDAMI DIY.

Kegiatan dimulai pada pukul 06.30 WIB dengan rangkaian pemeriksaan pasien katarak dan pterygium yang akan menjalani operasi pada hari tersebut.

Secara parallel, dilakukan ceremony pembukaan yang diawali dengan sambutan Kepala UPF Yankestrad Tawangmangu dr Ulfatun Nisa, M Biomed yang menyampaikan tujuan kegiatan bakti sosial yaitu membantu mencegah penurunan fungsi penglihatan akibat katarak dan pterygium bagi masyarakat di Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya, membantu masyarakat yang kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan mata, memperkenalkan pelayanan kesehatan tradisional dengan modalitas keterampilan, meliputi akupuntur dan akupresur, serta layanan fisioterapi dan konsultasi gizi serta memperkenalkan layanan pengobatan konvensional di UPF Yankestrad Tawangmangu, RSUP Dr. Sardjito.

Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, dr Eniarti, Sp KJ MSc, MMR mengatakan bahwa saat ini Balai Besar Tanaman Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat tradisional (B2TOOT) telah diintegrasikan oleh Kementerian Kesehatan dengan RSUP Dr Sardjito menjadi UPF Pelayanan Kesehatan Tradisional Tawangmangu – RSUP Dr Sardjito sehingga Aset UPF Tawangmangu dapat lebih dimanfaatkan dan akses kesehatan dapat dijangkau oleh masyarakat sekitar.

Di era transformasi Kementerian Kesehatan telah mengawinkan  Balai Besar Tanaman Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat tradisional (B2TOOT) dengan RSUP Dr Sardjito menjadi UPF Pelayanan Kesehatan Tradisional Tawangmangu – RSUP Dr. Sardjito, sehingga Aset UPF Tawangmangu dapat lebih dimanfaatkan dan akses kesehatan dapat dijangkau  oleh masyarakat sekitar.

Ke depan klinik Pratama ini akan dikembangkan menjadi Klinik Utama, dimana dokter spesialis RSUP Dr Sardjito dapat memberikan pelayanan spesialis di UPF Tawangmangu sehingga akses kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat lebih dapat dipenuhi.