Asal – Usul Nama Kota Kebumen

oleh
oleh

Ketika di perantauan, saya sering ditanya oleh teman-teman mengenai asal kota saya, dan saya akan menjawab bahwa saya berasal dari Kebumen. Namun yang membuat saya hampir selalu menahan marah adalah banyak diantara teman saya yang mengejek kota kelahiran saya.

Mereka mengatakan bahwa Kebumen berasal dari kata kebo (kerbau) dan men sehingga menjadi Kebumen.

Mungkin sebenarnya mereka tidak bermaksud mengejek atau menjelekkan kota saya, karena mereka memang tidak tahu asal usul yang sebenarnya, lagipula mereka juga punya tanah kelahiran masing-masing.

Sebagai orang Kebumen, menjadi keharusan bagi saya untuk selalu meluruskan anggapan teman-teman saya yang salah itu.

Seperti halnya daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki asal usul dan sejarahnya sendiri, begitu pula dengan Kebumen. Kebumen adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah bagian barat dan berada di pesisir selatan pulau jawa.

Sejarah mengenai asal usul keberadaan Kabupaten Kebumen tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan Kesultanan Mataram Islam. Pada masa itu belum dikenal nama Kebumen, melainkan Panjer. Konon pada waktu Sultan Agung menyerang Batavia, banyak pemuda-pemuda dari Panjer yang bergabung menjadi prajurit laskar Mataram.

Baca Juga : Presiden Buka Munas-Konbes NU 2023 di Ponpes Al Hamid Jaktim

Kebumen atau Panjer pada masa itu termasuk wilayah bagian dari kekuasaan Mataram Islam yang disebut daerah Manca Negara Kulon atau wilayah Kademangan Karanglo.

Panjer juga tercatat dalam peta sejarah nasional sebagai salah satu tonggak patriotik dalam penyerbuan Mataram ke benteng pertahanan Belanda di Batavia.

Adapun mengenai asal-usul penamaan Kebumen dan hari jadi Kabupaten Kebumen ada beberapa versi yang berkembang di masyarakat. Namun versi yang cukup terkenal adalah bahwa asal mula nama Kebumen adalah berasal dari adanya tokoh yang bernama Pangeran Bumidirja.

Pangeran Bumidirja adalah Salah seorang Punggawa keraton Mataram yang masih merupakan adik Sultan Agung Hanyokro Kusumo. Sewaktu Mataram dipimpin oleh Sunan Amangkurat I, Pangeran Bumidirja melihat banyak kezaliman yang merajalela, bahkan Sunan Amangkurat juga diketahui berkompromi dengan VOC (Belanda).

Melihat hal itu, beliau tidak setuju dan memperingatkan keponakannya tersebut karena sudah melanggar keadilan dan bertindak zalim. Karena peringatan beliau ternyata tidak digubris oleh Sunan Amangkurat I, maka Pangeran Bumidirja memutuskan pergi meninggalkan keraton dan melakukan perjalanan menuju ke arah barat.

Baca Juga : BPBD Jateng Salurkan Bantuan Air Bersih di 850 Desa Terdampak Kemarau