Rugikan Negara, MP NKRI M Syahabudin Minta Bupati OI Copot Kadin PU PR

oleh
oleh

KRSUMSEL.com – Koordinator Aksi (Korak) MP NKRI M Syahabudin dalam orasinya meminta Bupati Ogan Ilir (OI) Panca mencopot Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang Ruslan ST MM MT dari jabatannya.

Hal tersebut disampaikannya saat demo di Depan Kantor Bupati Ogan Ilir Sumatera Selatan, Rabu (13/9/2023).

Menurutnya hal tersebut bermula dari adanya hasil Pemeriksaan BPK RI Tahun 2022, yang menyatakan beberapa paket kegiatan yang dilaksanakan satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang terdapat pengembalian keuangan negara atas kekurangan Volume pekerjaan.

Pada rekomendasinya dinyatakan bahwa KPA, PPK dan pengawas lapangan tidak melakukan pengawasan secara maksimal atau tidak memedomani ketentuan dalam melaksanakan tugasnya.

Karena ada beberapa paket kegiatan yang tidak dapat diyakini kualitas betonnya.

Berdasarkan hal tersebut MP NKRI melakukan penelitian dilapangan guna melakukan pencegahan pada pekerjaan yang tengah dilaksanakan di tahun 2023 yakni pada kegiatan peningkatan Jalan Sp BRK – Kuang Dalam yang dilaksanakan Oleh CV. BINTANG CAHAYA ABADI dengan nilai Sebesar Rp. 6.855.890.193,68,-. Tim meneliti bahwa ada perbedaan atas gambar perencanaan dan kerangka acuan Kerja (terlampir) dengan praktek pekerjaan di lapangan antara lain tidak adanya hamparan agregat sesuai gambar.

 

“Untuk itu, guna menghindari hal serupa yang ditemukan BPK RI tahun 2022, kami meminta  Bupati OI Panca Wijaya Akbar untuk mencopot Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan PPK paket kegiatan Peningkatan Jalan Sp. BRK – Kuang Dalam serta pengawas lapangan,” tegasnya.

 

Pada aksi itu juga, Asisten II setda Ogan Ilir Asisten II Setda Ogan Ilir Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs M Nursamsu Alamsyah M mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas unjuk rasa ini.

“Kegiatan menyampaikan pendapat di Halaman kantor bupati Ogan Ilir, yang dilakukan Masyarakat Peduli NKRI (MP-NKRI) hari ini, merupakan hal positif sebagai upaya pengawasan eksternal dalam penyelenggaraan roda pemerintahan. Sebagaimana orasi yang telah disampaikan tadi, terkait potensi permasalah di lapangan dalam pembangunan fasilitas publik tentu akan menjadi masukan bagi kami pemerintah daerah ogan ilir,” tegasnya.

 

Terkait dengan adanya kegiatan peningkatan jalan SP. BRK-Kuang dalam TA 2023 dengan sumber penganggrannya berasal dari Bantuan Gubernur. Saat ini, kegiatan tersebut masih berproses setelah memenuhi meskanisme lelang.