Kisah Istri Rasulullah yang ‘Paling Panjang Tangannya’

oleh
oleh

Selain itu, beliau juga senantiasa menyedekahkan apa saja yang bisa beliau sedekahkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Karena inilah beliau juga menjadi tempat bernaung bagi orang-orang miskin.

Hingga meninggal, Zainab binti Jahsy tidak meninggalkan dirham ataupun dinar. Namun saat menjelang wafatnya, beliau berpesan bahwa beliau telah menyiapkan kain kafan untuk dirinya sendiri. Sedangkan bila Khalifah Umar telah menyiapkan kain kafan untuknya, maka hendaknya disedekahkan saja untuk orang lain.

Sebagai salah seorang istri Nabi, Zainab memang memiliki keistimewaan tersendiri. Selain terkenal akan kedermawanannya, Zainab binti Jahsy juga terkenal akan sifat zuhudnya terhadap dunia. Beliau tidak mudah terperdaya oleh gemerlapnya harta meski sebanyak apapun jumlahnya.

Mengenai hal ini, sayyidah Aisyah juga pernah mengatakan, “Zainab adalah wanita yang menyamaiku dibanding istri-istri Nabi yang lain. Aku tak pernah melihat seorang wanita pun yang lebih baik agamanya, lebih bertakwa, lebih jujur ucapannya, lebih menyambung silaturahim, lebih besar sedekahnya, lebih semangat mengkhidmatkan diri dalam beramal dan mendekatkan diri kepada Allah dibanding dirinya. Hanya saja (kekurangannya), ia agak keras dan cepat marah. Namun ia cepat kembali.” (HR. Muslim).

Rasulullah SAW juga pernah memuji Zainab binti Jahsy dengan menyifatinya sebagai seorang wanita yang awwah. Ada salah seorang sahabat yang bertanya, “Wahai Rasulullah, apa itu awwah?”. Rasulullah SAW kemudian menjawab, “yakni seorang yang khusyuk dan tunduk”. Sesungguhnya Ibrahim itu benar-benar seorang yang penyantun lagi awwah (penghiba) dan suka kembali kepada Allah.

Zainab binti Jahsy wafat dalam usia 53 tahun pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab RA (tahun 20 Hijriyah). Makamnya berada di pemakaman Baqi, Madinah.

Demikianlah sekelumit kisah tentang Ummul Mukminin Zainab binti Jahsy Radhiyallahu ‘Anha, seorang wanita yang paling panjang tangannya diantara istri-istri Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam. Wallahu A’lam. (diolah dari berbagai sumber)