Lima Pendiri ASEAN, Ada Tokoh Indonesia

oleh
oleh

ASEAN merupakan organisasi multilateral antar negara-negara di Asia Tenggara.

Saat ini sudah terdapat 11 negara anggota ASEAN sejak pertama dibentuk pada tahun 1967 melalui Deklarasi Bangkok.

Organisasi dengan nama panjang Association of Southeast Asian Nations ini resmi dideklarasikan pada 8 Agustus 1967.

Didirikan oleh 5 negara di Asia Tenggara dimana Indonesia termasuk salah satunya, masing-masing negara mewakilkan satu delegasinya dalam pertemuan di Bangkok pada tahun 1967 silam. Lima tokoh inilah yang berperan penting pada terbentuknya organisasi kerjasama di Asia Tenggara ini.

5 Tokoh Pendiri Asean

Penandatanganan Deklarasi Bangkok diwakili oleh delegasi yang masing-masing mewakili negaranya. Lima negara ini adalah anggota awal Asean yang saat ini sudah ada 11 negara yang menjadi anggota Asean secara keseluruhan. Inilah 5 tokoh yang mewakili negara pendiri Asean:

1. Adam Malik (Indonesia)

Tokoh yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia ini lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917.

Saat penandatanganan Deklarasi Bangkok, delegasi Indonesia ini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri sehingga berperan sebagai perwakilan Indonesia pada penandatanganan Deklarasi Bangkok.

2. Tun Abdul Razak (Malaysia)

Tun Abdul Razak dikenal sebagai perwakilan Malaysia pada Deklarasi Bangkok 1967. Abdul Razak yang lahir di Pekan, Pahang, Malaysia 11 Maret 1922 ini kala itu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Malaysia yang mewakili negeri Jiran ini di Deklarasi Bangkok.

Selain sebagai Menteri Luar Negeri Malaysia, ia juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia untuk periode 1970 sampai 1976.

Baca juga : Pantai Kembar Terpadu, Wisata Pantai Asri di Kebumen

3. Thanat Khoman (Thailand)

Sebagai tuan rumah, Thailand menunjuk Menteri Luar Negerinya kala itu yakni Thanat Khoman. Khoman adalah Menteri Luar Negeri Thailand yang lahir di Bangkok pada 9 mei 1914.

Selain menduduki posisi penting di Thailand, ia juga dikenal sebagai pemrakasa Asean dimana deklarasi bersejarah itu diadakan di negeri asalnya.

4. S. Rajaratnam (Singapura)

Nama lengkap delegasi dari Singapura ini adalah Sinnathamby Rajaratnam. Lahir pada 25 Februari 1915, ia dikenal sebagai Menteri Luar Negeri Singapura pada periode 1965 hingga 1980.

Sebagai menteri yang menjabat cukup lama, tak heran jika tokoh yang meninggal pada tanggal 22 Februari 2006 ini ditunjuk sebagai delegasi negara maju ini.

5. Narciso Ramos (Filipina)

Kemudian perwakilan selanjutnya adalah Narsisco Ramos yang merupakan Menteri Luar Negeri Filiphina. Tokoh politik yang lahir pada 11 November 1900 ini juga berprofesi sebagai pengacara, duta besar, dan jurnalis.