Sejarah Desa Muara Baru

oleh
oleh

Desa Muara Baru  awalnya adalah bukan hanya  Dusun ,yaitu Dusun Arisan baru (Rt.01) wilayah Desa Teluk Kecapi.

Yang diusulkan Murni Oleh Masyarakat dan dipelopori Oleh beberapa Tokoh Pembentukan Desa Muara Baru Kecamatan Ogan Ilir Kabupaten Ogan Ilir, salah satu diantara Tokoh Pemekaran Tersebut adalah diketuai oleh Zainuddin Hl , anggota (1)  Ahmad,(2) Tamrin (3) A.Latif  dan (4) masyarakat di  wilayah tersebut.

Awalnya ada beberapa masyarakat yang menamai nama Desa Muara Baru pada pertengahan Mei tahun 2006.

Bermula dari Persetujuan Masyarakat Murni  yang terdiri dari Wilayah RT 01 Arisan Baru  107 KK dan RT 05 Sido Mulyo 54 KK Kemudian RT 06 KM 16, 88 KK Jumlah seluruh adalah  249 KK .beberapa Pelopor Pembentukan Desa diatas.

Wilayah Dusun-Dusun  tersebut digabung menjadi satu di usulkan menjadi Desa Muara Baru.

Dari persetujuan masyarakat disampaikan (diusulkan) kepada Bupati Ogan Ilir (Ir H Mawardi Yahya) dan DPRD Ogan Ilir  tanggal 14  Mei 2006 Ketua (Drs Iklim Cahya), pada bulan Juli 2006 Tim Pemekaran dan Pembentukan Desa dari Kabupaten Ogan Ilir Survey kelapangan melihat secara dekat   serta menilai bahwa layak  dan tidaknya untuk dimekarkan (dibentuk) dan dijadikan Desa yaitu Desa Muara Baru  Kecamatan Ogan Ilir dalam wilayah Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan.

Persetujuan terbentuknya Desa Muara Baru 

 Persetujuan terbentuknya Desa Muara Baru  Oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir serta DPRD Ogan Ilir dan Tim Pemekaran Desa  Kabupaten Ogan ilir sekitar bulan September 2006 dan Persetujuan untuk menjadi Pejabat Sementara Kepala Desa Muara Baru pertama, hasil persetujuan murni Masyarakat Desa Muara Baru nama Zainuddin Hl Sebagai Pjs Kepala Desa persiapan (yang Pertama).

 Tanggal 12 Pebruari 2007 (Senin) Pelantikan Pejabat sementara Kepala Desa (Zainuddin.Hl) di Gedung Serbaguna Caram Seguguk Kabupaten Ogan Ilir oleh Bupati Ogan Ilir.

Maka Desa Muara Baru Kecamatan Ogan Ilir resmi menjadi Desa Muara Baru (Persiapan).

Terbentuknya BPD dan Perangkat Desa oleh PJS Kepala Desa Muara Baru, bulan April tahun 2007 terbentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa Defenitif, kemudian diusulkan untuk menjadi Kepala Desa yang pertama hasil pilihan rakyat adalah Zainuddin.Hl yang sudah menjabat PJS Kepala Desa, tanggal 17 Oktober 2007 dilaksanakan Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa Muara Baru Kecamatan Ogan Ilir Kabupaten Ogan Ilir, dengan mata Pilih 632 Orang yang diikuti Oleh Calon Tunggal Zainuddin.Hl, baru terpilih Kepala Desa Defenitif, Desa Defenitif  (Kepala Desa Pertama).

Tanggal 07 April  2008 hari Rabu jam 13.00 Wib dilantiknya Kepala Desa Defenitif masa kerja 2008-2014 Oleh Bupati Ogan Ilir (Ir H Mawardi Yahya) di Desa Muara Baru  Kecamatan Ogan Ilir Kabupaten Ogan Ilir.

Luas Wilayah Desa Muara Baru  adalah 600 Hektar yang terdiri dari tanah persawahan dan pemukiman Penduduk, letak strategis wilayah Desa Muara Baru meliputi :

–          Utara     Berbatasan dengan  Desa Pelabuhan Dalam Kecamatan Pemulutan Kab.Ogan Ilir

–          Selatan  Berbatasan dengan  Desa Muara Dua Kec Pemulutan Kab Ogan ilir.

–          Timur    Berbatasan Dengan  Desa Teluk Kecapi Kec Pemulutan Kab Ogan Ilir

–          Barat     Berbatasan Dengan  Jalan Propinsi

Demikian Sejarah singkat adanya Desa Muara Baru  Kecamatan Ogan Ilir Kabupaten Ogan Ilir.Selanjutnya perkembangan legenda dan sejarah Desa Muara Baru  adalah sebagai berikut:

Sejarah Pembangunan Desa

Tabel 1