Cara Menghilangkan Komedo Membandel yang Bikin Wajah Kurang Mulus, Ternyata Nggak Ribet

oleh
oleh

Cara menghilangkan komedo yang membandel mungkin jadi salah satu dari sekian trik perawatan kulit yang sering jadi concern tersendiri. Bukan tanpa alasan, munculnya komedo memang cukup mengganggu penampilan. Masalah kulit yang satu ini bisa membuat pori-pori tampak membesar, sehingga wajah pun jadi nggak mulus. Kamu juga termasuk salah satu yang lagi dilema dengan masalah ini, Sahabat Fimela?

Menghilangkan komedo memang nggak bisa dilakukan secara instan, karena yang diperlukan adalah perawatan rutin yang konsisten. Yuk, cari tahu dulu beberapa tips penting menghilangkan komedo yang bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah!

Komedo adalah Kotoran yang Menempel di Permukaan Kulit

Sering dibuat gemes dengan munculnya masalah kulit yang satu ini? Tapi, sebenarnya komedo itu apa sih? Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan RI, komedo adalah kotoran yang berasal dari sel kulit mati dan minyak yang menempel pada permukaan kulit. Ketika terpapar udara akan mengalami proses oksidasi yang membuat warnanya terlihat menghitam. Inilah yang sering disebut komedo hitam atau blackhead.

Sementara itu, komedo yang tertutup permukaan kulit akan berwarna putih atau whitehead. Baik itu komedo hitam maupun putih harus segera ditangani dengan baik karena bisa menjadi awal mula munculnya jerawat yang mengganggu.

 

Apa Sih Penyebab Komedo yang Muncul?

Sebenarnya komedo nggak hanya bisa muncul di hidung saja, tapi juga bisa berkembang di bagian permukaan kulit lainnya. Selain hidung, umumnya masalah ini muncul pada pipi, dahi, dan dagu.

Seperti yang sudah dijelaskan, komedo terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati dan minyak yang kemudian menyumbat pori-pori. Tapi, ada beberapa faktor lain yang bikin seseorang lebih rentan mengalami komedo yang dirangkum dari situs Alodokter. Apa saja?

1. Makanan Berlemak dan Berkadar Gula Tinggi

Yang pertama adalah konsumsi makanan berlemak dan bergula yang terlalu banyak. Sisa lemak dan gula yang dikonsumsi ternyata bisa memicu pertumbuhan komedo baik itu di kulit wajah, leher, atau punggung. Beberapa jenis makanan berlemak yang bisa memicu komedo antara lain cokelat, es krim, kacang tanah, hingga susu. Jadi, mulai perhatikan konsumsi makanan berlemak untuk mencegah munculnya komedo.

2. Kebiasaan Memegang Wajah

Masih sering menyentuh wajah? Kebiasaan yang satu ini memang seringnya nggak disadari, tapi bisa memicu pertumbuhan komedo yang makin meningkat. Tangan juga bisa menjadi media perpindahan kotoran, kuman dan bakteri yang memicu masalah kulit lain seperti jerawat.

3. Formula Skincare dan Makeup yang Nggak Tepat