Krsumsel.com – Buku berjudul “Kristen Muhammadiyah” edisi terbaru karya Fajar Riza Ul Haq sempat memicu polemik di jagat digital. Bahkan ada yang menuding penulisnya sesat.
Tentu tudingan tersebut tidak berpijak pada isi buku itu sendiri. Sebagai sosok yang sejak remaja aktif di Muhammadiyah, Fajar melihat ada kontribusi penting sekaligus unik oleh ormas ini di daerah-daerah minoritas Muslim.
Sebut saja kehadiran sejumlah perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia timur, yang mayoritas mahasiswanya merupakan non-Muslim. Begitu pula klinik atau rumah sakit yang melayani lebih banyak non-Muslim.
Fenomena itulah yang dipotret dan diteliti Fajar, pria kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, 1979 itu kemudian dituangkan menjadi buku berjudul Kristen Muhammadiyah pada 2009.
Fajar dalam bukunya ingin menyampaikan pesan kepada khalayak tentang best practise toleransi yang dikembangkan Muhammadiyah melalui amal-amal usahanya.
Jadi, istilah Kristen Muhammadiyah yang juga populer dengan akronim Krismuha, itu bukan sebagai sinkretisme, melainkan sekadar penamaan unik tentang toleransi. Penegasan itu disampaikan Fajar saat bedah buku tersebut di Sukabumi.
Namun, istilah baru–apalagi yang berkaitan dengan agama–kadang disalahpahami akibat yang bersangkutan kurang mendapat informasi utuh tentang istilah, konsep, atau pemikiran tertentu.
Begitu pula dengan istilah Krismuha. Boleh jadi memang banyak yang belum baca buku, yang edisi perdananya1 sudah terbit 14 tahun silam. Oleh karena itu, buku Kristen Muhammadiyah sempat menjadi topik utama atau trending topic di berbagai media sosial TikTok dan Twitter.
Berbagai kecaman, hujatan, hingga hinaan pun dilayangkan kepada Fajar Riza Ul Haq. Ada warga internet yang menghakimi buku tersebut mengajarkan aliran baru yang menyimpang.
Bahkan tidak sedikit warga internet menuding bahwa buku tersebut merupakan sinkretisme atau pencampuran elemen-elemen maupun kepercayaan-kepercayaan yang saling bertentangan yang dikarang oleh kelompok sekte sesat.
Ada lagi warga internet, khususnya yang bersumbu pendek–saat buku tersebut kembali dicetak ulang dan diedarkan ke pasaran– langsung memberi komentar miring terhadap buku tersebut.
Bisa jadi yang menghujat itu hanya membaca judul. Tanpa baca isinya, orang akan mudah menafsirkan berbeda, jauh dari isi tulisan dan pesan toleransi yang ingin disampaikan oleh penulisnya.
Mengingat penting dan relevannya buku yang mengulas data dan fakta tentang toleransi antarumat beragama tersebut, Kemendikbud Ristek RI sebelumnya menggelar bedah buku Krismuha.
Bisa diterima
Dalam buku itu tidak ditemukan adanya ajaran agama yang menyimpang maupun sinkretisme. Penulis lebih banyak menceritakan kondisi dunia pendidikan di daerah-daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3-T) seperti beberapa daerah di Indonesia timur.
Fajar Riza Ul Haq menceritakan pengalaman datang langsung ke beberapa daerah 3-T untuk melihat kondisi dunia pendidikan.
Ternyata kehadiran lembaga pendidikan Muhammadiyah di daerah minoritas Muslim sangat membantu warga untuk mendapatkan pendidikan di tengah keterbatasan sekolah.
Dalam buku itu, penulis menceritakan di mana banyak warga non-Muslim yang bersekolah di Muhammadiyah. Bahkan banyak lulusannya menjadi pejabat daerah. Umat Kristen dan Katolik yang menimba ilmu di lembaga pendidikan Muhammadiyah mengaku bangga pernah sekolah milik organisasi yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan.
Buku Kristen Muhammadiyah terbit pertama pada tahun 2009 setelah penulisnya selama 1 tahun (2008) melakukan penelitian tentang kondisi pendidikan di daerah 3-T.
Namun, pada saat itu dunia media sosial belum semasif seperti sekarang. Akses internet pun masih terbatas sehingga saat kali pertama terbit, buku ini tidak memicu polemik seperti sekarang.
Di kalangan internal Muhammadiyah, istilah Krismuha sudah lama ada dengan mengacu pengertian seperti disampaikan Fajar Riza Ul Haq.(net)