327 Siswa SDN 48 Kota Prabumulih Ikuti Ulangan Semester

oleh
oleh
327 Siswa SDN 48 Kota Prabumulih Ikuti Ulangan Semester

Krsumsel.comUsai pelaksanaan ujian akhir sekolah (UAS) bagi siswa kelas 6, dimana kali ini ratusan siswa SDN 48 Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mengikuti ulangan sekolah selama empat hari berturut-turut atau tepatnya 12 hingga 15 Juni mendatang.

Dimana ulangan semester tertulis dan pilihan ganda tersebut diperuntukkan bagi siswa kelas 6 ke bawah. Terdiri dari kelas 5, 4, 3, 2 dan 1. Bukan cuma itu, mata pelajaran (mapel) yang diberikan sekolah tentunya berbeda-beda. Itu hal sesuai dengan tingkatan kelas siswa yang ada.

Adapun mata pelajaran ulangan umum bersama semester II yang diberikan kepada sebanyak 327 siswa Tahun Ajaran 2022-2023 tersebut. Kelas 5, yakni Mata Pelajaran Agama Islam (PAI), Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Pendidikan Kewiranegaraan (PKN), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

“Nah, begitu halnya sama juga 8 mata pelajaran diberikan buat mereka (siswa, red) kita kelas 4,” ungkap Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar Negeri (SDN) 48, Aidil Soleh SPd, MSi, ketika dibincangi media ini, (12/6/2023), di sela-sela ulangan semester bersama siswa di sekolahnya.

Sedangkan mata pelajaran bagi siswaya kelas 3, 2 dan 1, lanjut Aidil sapaan akrabnya, tercatat 6 mapel selama empat hari ulangan semester itu. Adalah PAI, PKN, Bahasa Indonesia, PJOK, Matematika serta SBdP.

“Habis ulangan sekolahan kita pembagian raport kenaikan kelas pada 30 Juli mendatang,” aku pria ramah dan murah tersenyum.

Ia menambahkan, lalu habis pembagian raport aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM) sementara waktu di sekolahnya diliburkan selama dua minggu/tepatnya mulai 1 hingga 15 Juli 2023.

“Dan masuk kembali pada Tahun Ajaran Baru 2023/2024 pada 17 Juli-nya,” imbuhnya seraya menyebutkan khusus murid baru masuk nanti diadakan pihak sekolah kegiatan perkenalan lingkungan sekolah (PLS) di sekolahan pimpinannya.

Tak jauh berbeda diungkapkan Dra Sumartini Kepala Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) 1 Kota Prabumulih. Terkait juklat/juknis pelaksanaan ulangan semester genap tahun ini bagi ratusan murid kelas 1 sampai 5. Diakunya, jadwal dan waktu tak jauh berbeda dengan sekolah dasar pada umumnya.

“Hanya saja yang berbeda di madrasah kami mata pelajaran yang diujiankan lebih banyak ketimbang sekolah umum,” terang wanita berjilbab tersebut belum lama ini.

Lanjutnya, untuk kelas 1 terdapat 10 mata pelajaran yang diujiankan. Sedangkan kelas 2 sebanyak 11 mapel. Serta kemudian kelas 3, 4 hingga 5 adalah 14 mapel.

“Nah, dalam ulangan tersebut selain mata pelajaran agama dan umum. Ada mata pelajaran muatan lokal kami ikutsertakan di semester genap ini,” tutup perempuan berhijab itu.

Ia berpesan, selama liburan panjang nanti. Supaya para wali murid jangan lengah dalam hal mengawasi anak-anak mereka untuk tetap rajin belajar di rumah. Terutama, kata dia, soal hapalan ayat-ayat pendek jus 30 alquran.

“Mengingat hapalan itu tetap kita tanyai kepada anak-anak pada saat masuk sekolah. Terkhusus buat mereka yang belum tuntas” tutup wanita tersebut.(Roni)