Apa saja Mukjizat 25 Nabi dan Rosul, Berikut lengkapnya

oleh
25 Nabi dan Rosul
nama nabi dan rosul

Krsumsel.comSebagai umat Islam tentu mengetahui nama-nama nabi dan Rasul. Mulai dari Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa semua Rasul itu adalah nabi. Sedangkan tidak semua nabi adalah Rasul. Terkait dengan perbedaan nabi dan Rasul ini telah dijelaskan Allah SWT melalui surat Al-Hajj ayat 52:

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَّسُوْلٍ وَّلَا نَبِيٍّ اِلَّآ اِذَا تَمَنّٰىٓ اَلْقَى الشَّيْطٰنُ فِيْٓ اُمْنِيَّتِهٖۚ فَيَنْسَخُ اللّٰهُ مَا يُلْقِى الشَّيْطٰنُ ثُمَّ يُحْكِمُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ ۙ

Artinya:
“Dan Kami tidak mengutus seorang Rasul dan tidak (pula) seorang nabi sebelum engkau (Muhammad), mela-inkan apabila dia mempunyai suatu keinginan, setan pun memasukkan godaan-godaan ke dalam keinginannya itu. Tetapi Allah menghilangkan apa yang dimasukkan setan itu, dan Allah akan menguatkan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana,” (QS. Al-Hajj: 52)

Dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Umamah Al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda bahwa jumlah Nabi itu ada 124.000 orang, sedangkan yang menjadi Rasul di antara mereka hanya 315 orang. Sedangkan yang wajib diimani terdapat 25 Nabi.

 

BACA Juga :  Khutbah Jumat: Belajar Jaga Lisan

 

Lantas siapa sajakah nama-nama Nabi dan Rasul lengkap beserta mukjizat yang diterima? Melansir dari berbagai sumber, Senin (22/5), simak ulasan informasinya berikut ini.

25 Nama-Nama Nabi dan Rasul

Adapun nama-nama Nabi dan Rasul lengkap beserta mukjizat yang diterimanya adalah sebagai berikut:

1. Nabi Adam AS.
Nabi Adam AS merupakan manusia serta khalifah pertama yang diciptakan Allah SWT dari segumpal tanah.

2. Nabi Idris AS.
Nabi Idris AS merupakan keturunan keenam Nabi Adam as, dan beliau merupakan nabi pertama yang diangkat Allah SWT dari garis keturunan Nabi Adam.

3. Nabi Nuh AS.
Nabi Nuh AS diberikan beberapa mukjizat. Satu di antaranya membuat bahtera besar untuk menyelamatkan kaumnya dan kehidupan binatang dari banjir bandang.

4. Nabi Hud AS.
Nabi Hud AS diutus untuk mengajak kaum Aad berhenti menuhankan atau menyembah berhala. Nabi Hud mengajak kaum Aad untuk menyembah kepada Allah.

5. Nabi Saleh AS.
Mukjizat yang diberikan Allah oleh Nabi Sholeh as, yakni seekor unta betina yang lahir dari celah-celah batu.

Nama-Nama Nabi & Rasul II

6. Nabi Ibrahim AS.
Nabi Ibrahim atau “Bapak para nabi” memiliki satu di antara mukjizat dari Allah SWT untuk membangun Ka’bah.

7. Nabi Luth AS.
Nabi Luth AS merupakan keponakan Nabi Ibrahim AS. Beliau diutus Allah SWT bagi kaum Sodom dan Gomorrah yang memiliki perilaku seks yang menyimpang.