Pentingnya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional bagi Sekolah Dasar

oleh
Pentingnya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional bagi Sekolah Dasar

Krsumsel.comPenulis Mauli Beauty ; PGSD Universitas Sriwijaya

Dalam rangka meningkatkan prestasi siswa di bidang olahraga dan kesehatan jasmani di Sekolah Dasar (SD) yaitu dengan diselenggarakannya kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau disebut O2SN.  

Pelaksanaan O2SN Jenjang SD berupaya menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis penguatan karakter seperti sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta menanamkan nilai-nilai luhur olahraga yaitu nilai-nilai fairplay (meliputi keadilan atau kesetaraan, kejujuran, tanggung jawab, kedamaian, dan rasa hormat terhadap orang lain), dan menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Kegiatan O2SN Pendidikan Dasar ini diharapkan juga dapat memelihara semangat dan komitmen para praktisi Pendidikan, penggiat olahraga, pembina olahraga dan atlet, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya dalam bidang olahraga.

BACA JUGA

Pentingnya Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Sulawesi Selatan Raja Lumbung Tuna Indonesia


 

Dukungan segenap pihak  sangat diperlukan dalam menyiapkan siswa menjadi  generasi bangsa yang kelak turut andil dalam kemajuan Indonesia.

Selain menumbuhkan sikap – sikap positif yang telah disebutkan, kegiatan olahraga pada umumnya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, terutama dalam bidang Kesehatan. Manfaat olahraga bagi kesehatan jelas sangat banyak dan bisa dirasakan oleh setiap siswa. Pentingnya olahraga bagi tubuh dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan / digerakkan. Lambat laun, bagian – bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak / bekerja.

Berolahraga tidak hanya melatih otot – otot tubuh, tetapi juga melancarkan sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Olahraga juga dapat

dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolestrol, mengurangi stres, membakar lemak, meningkatkan imunitas, mencegah sakit, meningkatkan fungsi otak, dan membakar timbunan lemak dalam tubuh.