Dinkes OKU Tunggu Pasokan Vaksin COVID-19

oleh
oleh
OKU

Krsumsel.comDinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Provinsi Sumatera Selatan masih menunggu pasokan vaksin COVID-19 untuk melanjutkan kembali pelaksanaan vaksinasi.

“Saat ini kami masih menunggu pengiriman dosis vaksin dari Palembang ke Kabupaten OKU,”kata Subkordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Yunius di Baturaja, Minggu (19/3).

Dia mengatakan, persediaan vaksin COVID-19 di OKU habis sejak akhir Februari 2023 sehingga pelayanan vaksinasi di puskesmas-puskesmas untuk sementara dihentikan sampai pasokan vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan datang.

“Sudah lebih dari tiga pekan tidak ada kegiatan vaksinasi di seluruh puskesmas,”katanya. Yunius menyampaikan, minat warga untuk menjalani vaksinasi COVID-19 dosis penguat cenderung meningkat menjelang bulan suci Ramadhan, antara lain karena vaksinasi masih menjadi persyaratan untuk melakukan perjalanan semasa mudik Lebaran.

Ia berharap permintaan pasokan 3.000 dosis vaksin COVID-19 yang diajukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten OKU segera datang. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat Kabupaten OKU mendapat suplai vaksin COVID-19 untuk mengejar capaian pemberian vaksin,”katanya.

Data Dinas Kesehatan menunjukkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama sudah mencakup 82,8 persen dari 310.983 orang yang menjadi sasaran vaksinasi di Kabupaten OKU. Vaksinasi COVID-19 dosis kedua dan dosis ketiga (penguat pertama) tercatat mencakup masing-masing 69,4 persen dan 24,8 persen dari target.

Sedangkan vaksinasi penguat lanjutan tercatat mencakup sekitar 50 persen sasaran pada kelompok tenaga kesehatan dan 5,15 persen target pada kelompok masyarakat umum.(net)