Bibir Sering Pecah-pecah, Berikut Penjelasan Dokter Kulit Arthur Simon

oleh
ilustrasi net
Mungkin, kamu sering menggunakan skincare untuk kulit wajah. Tapi, seringkah kamu merawat kulit bibir? Terkadang, menjaga kelembapannya saja di pagi dan malam hari belum cukup untuk merawat kulit bibir.

Itulah mengapa bibirmu tetap bisa kering dan pecah-pecah meski menggunakan lip balm secara rutin. Sebelum melakukan perawatan bibir, sebaiknya ketahui beberapa fakta seputar kulit di area tersebut.

Sehingga, kamu bisa memahami perawatan yang dibutuhkan untuk membuat kulit bibir lebih sehat. Berikut sejumlah fakta kulit bibir yang dirangkum oleh Dokter Kulit, Arthur Simon, melalui unggahan Instagramnya.

1. Kulit Bibir Sama dengan Puting Payudara

Ilustrasi© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Kulit bibir dan puting payudara memiliki beberapa kesamaan. Keduanya terdiri dari otot dan kulit terlembut dibandingkan area tubuh lain. Jumlah saraf pada kulit bibir dan puting payudara juga sangat banyak. Sehingga, kulit di dua area tersebut sangat sensitif. Bahkan, bibir diklaim seribu kali lebih sensitif dibandingkan ujung jari.

 

2. Tidak Pernah Berkeringat

 

Bibir© Pexels

Foto: Pexels

Berbeda dengan area wajah lainnya, bibirmu tidak pernah berkeringat. Hal itu dikarenakan kulit bibir tidak memiliki kelenjar keringat. Maka dari itu, bibir tetap kering ketika wajahmu terasa lembap dan berkeringat.

 

3. Bibir Bisa Memiliki Kelenjar Minyak

 

Bibir Sehat© Pexels

Foto: Pexels

Meski tidak bisa berkeringat, tapi bibirmu dapat memiliki kelenjar minyak. Biasanya, kelenjar minyak ditandai dengan bintik-bintik kuning di permukaan bibir.

 

4. Tidak Bisa Menahan Kelembapan

Hal ini jadi alasan mengapa pemakaian lip balm sangat penting untuk kesehatan bibir. JIka tidak menggunakan lip balm secara intens, bibirmu akan lebih mudah kering, pecah-pecah, bahkan berdarah. Apalagi, jika kamu sering menggunakan scrub bibir.

sumber : dream