Wapres Meminta Mathla’ul Anwar Untuk Terus Memajukan Islam Wasathiyah

oleh
Screenshot_2021-06-25-18-34-37-00

Tangerang, KRsumsel.com – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meminta Ormas Islam Mathla’ul Anwar tetap melanjutkan kegiatan dakwahnya dengan terus mensosialisasikan apa yang disebut “Islam Wasathiyah” (Islam moderat) secara baik dan santun. dan jauhi kata-kata kasar.

Berbicara secara virtual pada pelantikan General Manager Mathla’ul Anwar (PBMA) dan Central Manager (PP) Muslimat Mathla’ul Anwar masa bakti 2021-2026 di Karawaci, Tangerang, Banten, Jumat (25/6/2021), Disampaikan Wakil Presiden, Mathla ‘ul Anwar juga perlu menghimbau kepada generasi muda untuk menghindari paham yang ekstrim dan radikal.

Ia mengatakan bahwa Islam Wasathiyah sendiri adalah Islam jalan tengah (tawassuth), seimbang (tawazun), lurus dan tegas (i’tidal), toleransi (tasamuh), dan egaliter (musawah).

Islam Wasathiyah juga mengedepankan musyawarah (syura), berpikiran pembaruan (islah), mengutamakan prioritas (aulawiyah), dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikar), dan keadaban (tadhabbur).

Wapres juga meminta Mathla’ul Anwar untuk terus membantu Pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan yang tersebar di berbagai pelosok tanah air, terutama upaya ini sejalan dengan arah perjuangan Mathla’ul Anwar yang bergerak di bidang pendidikan. pendidikan, dakwah, dan sosial.

“Salah satu dari sembilan Prinsip Organisasi Mathla’ul Anwar adalah sebagai mitra Pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas serta mempererat ikatan persaudaraan dalam keberagaman,” ujar mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Selain perlu dilanjutkan dalam bentuk memajukan pendidikan, dakwah, dan sosial, Wapres juga meminta Mathla’ul Anwar berperan dalam menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya di masa pandemi COVID-19, selain itu. untuk terus memberikan contoh kepada masyarakat dalam hal mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas dalam sambutannya yang juga disampaikan secara virtual antara lain berharap PBMA dan PP Muslimat Mathla’ul Anwar terus bersinergi dengan Pemerintah khususnya dengan Kementerian Agama dalam upaya memajukan umat dan menciptakan kehidupan antar umat beragama yang harmonis.

Pengangkatan PBMA sendiri dilakukan oleh Anggota Dewan Pertimbangan PBMA Drs H Muhamad Mardiono yang mewakili Ketua Dewan Pertimbangan Umum (Purn) TNI Dr H Wiranto yang berhalangan hadir.

Adapun tokoh Mathla’ul Anwar yang dilantik adalah KH Embay Mulya Syarief selaku Ketua Umum PBMA, Dr H Jihaduddin MPd selaku Sekretaris Jenderal, dan H Pujiyanto SE selaku Bendahara Umum serta seluruh pengurus PBMA lainnya, baik yang berdomisili maupun maya.

Sementara itu, pengangkatan Ketua Umum PP Muslimat Mathla’ul Anwar Hj Trisna Ningsih Yuliati dan jajarannya dilakukan langsung oleh Ketua Umum PBMA KH Embay Mulya Syarief.

Dalam masa bakti PBMA 2021-2026, terdapat nama-nama tokoh nasional (selain Jenderal TNI Purn Wiranto), antara lain Dr H Sandiaga Salahudin Uno, Dr H Rachmad Gobel, dan Dr H Eep Saefullah Fatah sebagai anggota Dewan Pertimbangan PBMA dan Prof Dr Saiful Mujani selaku Wakil Ketua Majelis Wali Amanat PBMA.

Dalam sambutan pengukuhan PBMA, Anggota Dewan Pertimbangan PBMA H Muhamad Mardiono antara lain menyampaikan pesan Ketua Dewan Pertimbangan PBMA Jenderal TNI (Purn) Wiranto yang menyatakan, sesuai dengan nama Mathla’ul Anwar yang artinya Di tempat terang, LSM harus terus berupaya membebaskan masyarakat dari kebodohan dan keterbelakangan.

“Mathla’ul Anwar harus terus berperan dalam menyiapkan SDM yang unggul, berkualitas, dan berintegritas melalui pengembangan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya, dalam acara yang juga dihadiri Ketua Majelis Wali Amanat PBMA KH Ahmad Syadeli Karim dan Fatwa tersebut. Ketua Majelis KH Bai Ma’mun itu.

Pada peresmian PBMA masa bakti 2021-2026 juga ditandatangani nota kesepahaman antara PT Nucare Indonesia Sehat dengan PBMA untuk membangun klinik kesehatan dan rumah sakit di kawasan Cipeucang Pandeglang Banten di atas lahan seluas 1,3 hektar. atas kemurahan hati salah satu tokoh Banten, Taufiequrachman Ruki.

Ketua Umum PBMA KH Embay Mulya Syarief optimistis klinik kesehatan tersebut akan diresmikan pada akhir tahun 2021, seiring dengan peletakan batu pertama pembangunan RS Mathla’ul Anwar di kawasan yang sama.(Anjas)